Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad

Ratna Sarumpaet Minta Maaf, Amien Rais: Kesatria

Setelah polisi mengungkap penelusuran soal kabar penganiayaan, Ratna Sarumpaet menggelar jumpa pers mengakui kebohongannya sekaligus menyamp...



Setelah polisi mengungkap penelusuran soal kabar penganiayaan, Ratna Sarumpaet menggelar jumpa pers mengakui kebohongannya sekaligus menyampaikan maaf. Amien Rais menyebut Ratna Sarumpaet kesatria karena mengakui kesalahan.

"Kalau saya pikirnya pendek. Mbak Ratna sudah akui kesalahan itu, ya artinya ya sudah, jadi mungkin kesatria lah. Buat saya sangat bagus, semua orang punya salah, dia mengakui 'ya saya salah'," ujar Amien Rais dalam sidang lanjutan Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (4/4/2019).

Amien Rais mengetahui pengakuan hoax penganiayaan dan permohonan Ratna lewat televisi. Sehari sebelumnya, pada 2 Oktober 2018 malam, Prabowo Subianto menggelar jumpa pers atas pengakuan penganiayaan Ratna Sarumpaet.

"Ya saya kecewa sekali (setelah Ratna mengakui kebohongannya), cuma kenapa terjadi seperti ini. Tapi yang jelas kami tetap, bahwa telah terjadi penipuan, yes, pasti kami juga marah. Tapi Mbak RS (Ratna) sebagai anak Adam sama kaya kita juga kena musibah seperti itu," kata Amien Rais. 

Dalam persidangan Amien Rais mengaku mulanya mengetahui kabar penganiayaan Ratna Sarumpaet dari berita media. Amien kemudian berupaya menghubungi Prabowo Subianto. 

"Saya pikir ini pukulan buat kami salah satu aktivis kita dianiaya malam hari sehingga saya merasa tertohok. Soal penganiayaan saya kira di mana pun dan apa pun itu kan melanggar human rights," kata Amien soal pengakuan awal Ratna mengenai penganiayaan.

Hingga akhirnya digelar pertemuan di lapangan Polo Nusantara, Hambalang, Bogor, pada 2 Oktober 2018. Ratna tak berbicara saat itu karena mengaku rahang dan giginya sakit. 

Dari sini, menurut Amien, digelar jumpa pers di Jl Kertanegera 4, Kebayoran Baru, Jaksel, pada sekitar pukul 20.00 WIB, 2 Oktober 2018. Selang sehari, Prabowo kembali menggelar jumpa pers atas pengakuan Ratna soal hoax penganiayaan.

"Jadi ini kan cepat sekali, kurang dari 20 jam. Jadi Pak Prabowo tanggal 2 (Oktober) malam menyampaikan press con (jumpa pers) bahwa ada salah seorang tim pemenangannya itu RS (Ratna Sarumpaet) yang dianiaya sehingga minta proses pengadilan hukum yang seterang-terangnya, supaya pelakunya ditangkap," kata Amien dalam persidangan.

"Namun, setelah midnight itu, detikcom menyampaikan (memberitakan) pernyataan dari kepolisian bahwa RS (Ratna) bukan dianiaya, wajah yang sedang lebam itu bukan karena penganiayaan dan (menegaskan) kami (kepolisian) punya buktinya. Nah kemudian kalau begitu ini terjadi, kami tertipu," tutur Amien Rais.

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : Kompas.com
Sumber : Detik.com

Reponsive Ads