GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Tari Saman UHAMKA sebagai Ajang Melestarikan Budaya Nusantara

Tari Saman UHAMKA merupakan salah satu komunitas di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang dibentuk untuk melestarikan budaya nusantara, khususnya budaya Aceh. Tari Saman adalah tarian khas Suku Gayo Aceh yang biasanya dit…

Tari Saman UHAMKA merupakan salah satu komunitas di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang dibentuk untuk melestarikan budaya nusantara, khususnya budaya Aceh. Tari Saman adalah tarian khas Suku Gayo Aceh yang biasanya ditampilkan ketika perayaan besar atau peristiwa penting dalam adat suku.

Tari Saman identik dengan nilai-nilai keislaman dan diciptakan oleh Ulama Syekh Saman sebagai media dakwah untuk menyebarkan agama Islam di nusantara. Tari Saman mencerminkan nilai keislaman, seperti sopan santun, kebersamaan, kepahlawanan, pendidikan, dan kekompakan. Unsur-unsur keagamaan di dalam Tari Saman sangat kuat. Hal ini terlihat jelas pada syair yang digunakan, di dalamnya terdapat pesan dakwah. Ada lima macam nyanyian di dalam Tari Saman, yakni Rengum, Dering, Redet, Syek, dan Saur.

Tari Saman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka keberadaan komunitas ini membuat mahasiswa bersemangat untuk berdakwah melalui cara yang menyenangkan dan mudah diterima masyarakat. Sesuai dengan tujuan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang ingin membentuk generasi emas, tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga cerdas secara spiritual, emosional, dan sosial. Untuk meningkatkan dan mendorong mahasiswa bersikap aktif, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menggandeng BEM UHAMKA untuk mengadakan UHAMKA Rajo Fest.

Rajo Fest sendiri merupakan sebuah acara festival yang diselenggarakan untuk meningkatkan semangat, menjaga nilai-nilai Islami, dan menguatkan budaya Aceh. Acara ini bersifat umum, tidak hanya diikuti oleh mahasiswa UHAMKA saja, melainkan juga perguruan tinggi dan SMA lain. Selain itu, Rajo Fest pun menjadi cara paling efektif untuk memperkenalkan Fakultas Agama Islam secara khusus dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka secara umum. Melalui komunitas Tari Saman, mahasiswa dari berbagai daerah bersatu untuk mengukir prestasi bersama.

Kendati saat ini Tari Sama belum resmi dijadikan sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), tetapi peminatnya cukup banyak. Komunitas ini pun kerap diundang untuk tampil di berbagai pementasan dan mengikuti berbagai kompetisi. Komunitas Tari Saman UHAMKA mencerminkan semangat juang para mahasiswa yang terus berupaya untuk menjaga, melestarikan, dan meningkatkan nilai keislaman dengan kegiatan positif.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @smagisfai

No comments