GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Punya Nama Unik, Wajib Dicoba

Jakarta - Makanan khas Jawa selalu bikin kangen. Hayo, siapa yang suka dengan makanan khas Jawa Tengah yang punya nama unik ini?

Beberapa makanan seperti gudeg khas Jogja hingga nasi liwet, makanan khas Jawa Tengah, Solo, jadi sal…


Jakarta - Makanan khas Jawa selalu bikin kangen. Hayo, siapa yang suka dengan makanan khas Jawa Tengah yang punya nama unik ini?

Beberapa makanan seperti gudeg khas Jogja hingga nasi liwet, makanan khas Jawa Tengah, Solo, jadi salah satu makanan populer. Namun beberapa diantaranya ada makanan khas Jawa Tengah yang punya nama unik.

Ciri khas makanan khas Jawa ini tidak hanya memiliki rasa gurih, tetapi juga ada perpaduan rasa manis yang ringan. Tentu dengan percampuran bumbu-bumbu yang enak.
Berikut beberapa makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal karena memiliki nama yang unik. Berikut ini daftar makanan tradisional khas Jawa yang patut dicoba.

1. Mangut Iwak Beong
Mangut Iwak Beong jadi sajian paling populer yang ada di kawasan Borobudur. Makanan ini dibuat dari daging ikan Beong yang banyak dan mudah didapati di Kali Progo.

Ikan Beong ini bentuknya mirip dengan ikan lele. Ukuran dari Beong bermacam-macam. Makanan khas kota Magelang ini bisa ditemui di Warung Sehati Selera Pedas. Lokasinya di Desa Kembanglimur, Kecamatan Borobudur. Harganya sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 75 ribuan.

2. Nasi Grombyang
Nasi grombyang merupakan makanan khas Pemalang yang enak. Penamaannya yang unik ini dikarenakan, penyajian kuahnya lebih banyak dibandingkan dengan isinya. Sehingga sajian ini terlihat grombyang-grombyang atau bergoyang.

Sekilas penampilannya terlihat seperti rawon. Namun isiannya terdiri dari nasi nasi, potongan daging kerbau dan kuah yang gurih segar. Penyajian nasi grombyang disajikan dalam mangkuk seperti soto Kudus. Salah satu yang enak yakni Nasi Grombyang H. Warso yang terletak di Jalan RE Martadinata Pelutan.

3. Mie Ongklok
Selanjutnya, ada juga makanan khas Jawa yang unik dan pasti bikin ketagihan. Mampir ke Wonosobo, kamu bisa mencicip kuliner yang satu ini. Mie ongklok adalah mie rebus dengan paduan kuah kental yang enak.

Makanan ini terdiri dari mi rebus, irisan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji. Enak dinikmati bersama dengan sate sapi berbumbu kacang.

Mie ongklok milik Pak Muhadi ini bisa dicoba. Kedainya berlokasi di Jalan A. Yani No. 1, Wonosobo.

4. Nasi Gandul
Nasi gandul adalah sajian khas Pati, Jawa Tengah. Nama nasi gandul ini konon didapatkan dari nasi dan kuah yang 'gemandul' (bergantung) di atas piring yang terlebih dulu dialasi daun pisang.

Nasi gandul mirip dengan nasi pindang dari Kudus. Nasi gandul ini adalah persilangan antara soto dan gule.

Nasi gadul beralas daun pisang dibuat dari campuran empal daging sapi plus kuah soto santan yang gurih. Salah satu yang enak adalah Nasi Gandul Pak Meled yang beralamat di Krajan Gajah Mati, Kabupaten Pati.

5. Brekecek
Namanya terdengar aneh namun unik. 'Brekecek', makanan khas Kota Cilacap, Jawa Tengah. Nama brekecek berasal dari kata 'brek' yang artinya dijatuhkan atau diletakkan dan 'kecek' artinya dikecek-kecek bumbunya.

Kepala ikan Jahan atau pathak jahan yang dikenal orang Banyumas ini dicampur dan dikecek dengan bumbu. Jika penasaran dengan makanan khas Jawa yang nikmat dan unik ini, langsung saja mampir ke RM. Brekecek Pathak Jahan Bu Widi yang ada di Jalan Slamet No. 5 Cilacap.

Selamat mampir dan mencoba!

No comments