Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad

Viral Curhatan Ayah Tentang Bayinya, Apa Itu Eksim Atopik?

Baru-baru ini viral cerita seorang ayah yang anaknya mengalami gatal-gatal usai pipinya dipegang oleh banyak orang. Setelah dibawa ke dokter...



Baru-baru ini viral cerita seorang ayah yang anaknya mengalami gatal-gatal usai pipinya dipegang oleh banyak orang. Setelah dibawa ke dokter, sang anak didiagnosis mengalami eksim atopik. Ayah anak tersebut pun mengimbau agar setiap orang menahan diri untuk memegang anak orang lain secara sembarangan terutama jika anak tersebut masih bayi.

Menurut dr Arthur S. Simon, SpKK dalam sebuah unggahan di media sosial, eksim atopik memang bisa kambuh alias membuat kulit menjadi gatal-gatal saat terkena debu atau kotoran. Tak bisa dipungkiri, apabila tangan yang hendak memegang bayi atau anak kecil tidak bersih, maka bisa ada debu maupun kuman yang menempel. Oleh karenanya, setiap orang diharapkan mencuci tangannya terlebih dahulu dengan sabun.

Dalam highlight Insta Story berjudul Eksim Atopik di akun Instagram @dokterkulitku yang dikutip Okezone, Rabu (13/5/2019), dr Arthur menjelaskan jika dermatitis atopik adalah suatu kondisi alergi dimana keluhan utamanya kemerahan dan gatal.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak tapi juga bisa dialami mulai dari bayi hingga dewasa. Gejala yang biasanya timbul adalah ruam merah bintik kecil di pipi yang bisa menyebar ke wajah bahkan hingga ke area lipatan seperti siku, lutut, leher, pergelangan tangan, serta kelopak mata dan menjadi kering.

Dokter Arthur menjelaskan dermatitis atopik terjadi karena sistem pertahanan tubuh anak tidak sempurna sehingga bereaksi berlebihan terhadap hal yang tidak menimbulkan masalah. Setidaknya ada 5 faktor yang menyebabkan kondisi tersebut antara lain bakat dari orangtua, anak yang lahir lewat operasi caesar, kurang mendapatkan ASI, telat kenal dengan makanan padat, serta terlalu dijaga agar bebas kuman.

Sementara itu, melansir WebMD, dermatitis atopik dapat menghilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia anak. Kendati demikian, anak tetap perlu mendapatkan perawatan. Entah itu dari dokter spesialis maupun perawatan di rumah oleh orangtua.

Perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi eksim atopik adalah menggunakan pelembap berbentuk krim atau salep, mandi air hangat, menggunakan sabun tubuh yang ringan tanpa wewangian, pilih pakaian yang nyaman, pastikan anak tidak keringetan, mencuci setiap pakaian baru, serta mencegah anak menggaruk kulitnya yang gatal.

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini


Reponsive Ads