GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari Simak Lagi Sejarahnya

Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Bagaimana sejarah hari itu dapat diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional?
Hari Pendidikan Nasional ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memper…



Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Bagaimana sejarah hari itu dapat diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional?

Hari Pendidikan Nasional ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Ki Hadjar Dewantara juga merupakan pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda. 

Dia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. Atas kritiknya itu, Ki Hadjar diasingkan ke Belanda.

Ki Hadjar meninggal pada 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya, pemerintah menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Penetapan itu melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Nah setiap tahun, ada tema untuk Hari Pendidikan Nasional. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. 

Upacara Hari Pendidikan Nasional 2019 diadakan di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Upacara ini dipimpin langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy. Dalam acara itu, Muhadjir berpesan jajarannya harus kerja lebih keras lagi meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

No comments