Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad

Ustaz Jafar Tersangka Perusakan Rumah, 2 Buah Samurai Diamankan

Ustaz Jafar Umar Thalib menjadi tersangka perusakan rumah warga di Papua. Dua buah samurai miliknya turut diamankan. "Tersangka JUT (58...



Ustaz Jafar Umar Thalib menjadi tersangka perusakan rumah warga di Papua. Dua buah samurai miliknya turut diamankan.

"Tersangka JUT (58) mempunyai peran memiliki dua buah Samurai warna merah dan kuning yang selalu ditaruh di dalam mobil Triton miliknya dan menghasut santrinya untuk memperingati ke rumah korban agar mematikan musik rohaninya," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Rabu (6/3/2019).

Kejadian ini bermula pada Rabu (27/2) pukul 05.30 WIB, saat itu korban bernama Henock Niki (41) memutar musik rohani dengan volume keras di rumahnya, di Jalan Protokol Koya Barat Distrik Muara Tami, Jayapura. Namun, tiba-tiba Henock dikagetkan dengan tujuh orang datang ke rumahnya, tujuh orang itu termasuk ustaz JUT menegurnya karena telah mengganggu ibadah di Masjid. Polisi mengatakan, Ustaz Jafar memerintahkan dua santrinya yakni AJU (20) dan S (42) memakai samurai miliknya untuk memotong kabel dan sound di rumah korban.

"Mereka mengatakan kepada korban bahwa sangat mengganggu ibadah di Masjid karena menyalakan musik dengan volume yang keras, korban menjawab 'kan Subuh warga Muslim salat pukul 04.15 WIT, kalau jam 05.30 WIT', kemudian mereka melakukan perusakan dan melarikan diri menggunakan mini bus ke arah selatan," ujar Dedi.

Akibatnya, Ustaz Jafar dan enam orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka. Polisi merinci peran masing-masing tersangka, yaitu:

1. JUT (58) mempunyai peran memiliki dua buah Samurai warna merah dan kuning yang selalu ditaruh di dalam mobil Triton miliknya dan menghasut santrinya untuk memperingati ke rumah korban agar mematikan musik rohaninya;
2. AJU (20) mempunyai peran membawa samurai warna kuning untuk memotong kabel dan sound di rumah korban;
3. S alias AY (42) mempunyai peran membawa samurai warna merah untuk memotong kabel dan sound korban;
4. AR (43) mempunyai peran ikut masuk ke dalam rumah korban dan ikut menegur pemilik rumah untuk mematikan musik rohani;
5. IJ (29) mempunyai peran ikut berada di halaman rumah korban dan ikut menegur pemilik rumah untuk mematikan musik rohani;
6. MM alias Z (31) mempunyai peran ikut berada di halaman rumah korban dan ikut menegur pemilik rumah untuk mematikan musik rohani;
7. AR alias A (20) mempunyai peran ikut berada di halaman rumah korban dan ikut menegur pemilik rumah untuk mematikan musik rohani.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya dua buah samurai milik Ustaz Jafar. Selain samurai, polisi mengamankan dua buah speaker dan satu unit mobil yang dipakai tujuh tersangka.

"Barang bukti yang diamankan satu bilah samurai warna kuning, satu bilah samurai warna merah, potongan kabel sound, dua buah speaker sound (rusak), satu unit mobil Mitsubishi Triton warna hitam nomor polisi DS 8366 J," katanya.

Atas perbuatannya, JUT dan enam santrinya dijerat dengan pasal 2 ayat (1) Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang membawa, menguasai dan memiliki senjata tajam tanpa ijin dan pasal 170 ayat (2) ke-1 tentang barang siapa dengan terang-terangan dan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Panjimas
Sumber : Detik.com

Reponsive Ads