Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad

Olahraga & Senam Bisa Bantu Perlancar Persalinan..

National Hospital Surabaya mengadakan program spesial untuk ibu hamil selama dua minggu sekali. Dalam program tersebut, para ibu hamil diaja...



National Hospital Surabaya mengadakan program spesial untuk ibu hamil selama dua minggu sekali. Dalam program tersebut, para ibu hamil diajak untuk senam, ada juga talkshow seputar kehamilan.

Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi National Hospital Surabaya, dr Robert Hunan P SpOG menyampaikan, olahraga sangat membantu proses kelahiran bayi. Untuk itu, materi senam yang didapatkan para ibu dalam kegiatan tersebut, sebaiknya diulangi dan dilakukan sendiri di rumah.

"Semakin sering melakukan olahraga, maka proses melahirkannya akan semakin lancar. Karena otot-otot sudah terlatih," kata Robert, Rabu (13/2/2019).

Instruktur senam dari Little Finger Babby Spa, Maria Ulfa, yang memandu para ibu hamil melakukan senam dalam program tersebut, menambahkan beberapa gerakan senam yang mudah dilakukan kembali setiap harinya oleh para ibu hamil di rumah.

"Pertama-tama dari pernapasan, caranya menghirup napas panjang dari hidung, lalu dikeluarkan lewat mulut," ujar Maria.

Melakukan hal tersebut berulang-ulang, menurutnya akan membantu ibu menjadi lebih mudah untuk mengatur napas saat melahirkan.

Selanjutnya, Maria menyarankan untuk melakukan pemanasan sepeti biasanya memulai olahraga. Mulai dari menggelengkan kepala, memutar lengan dan mengangkat tangan ke atas.

Selanjutnya, pemanasan juga dapat dilakukan dengan bantuan alat. Antara lain kursi dan dinding.

Untuk alat bantu kursi, ibu hanya perlu berdiri membelakangi kursi dan memegang bagian sendenannya dengan posisi tangan lurus dan badan sedikit membungkuk membentuk sudut 90 derajat.

Selanjutnya, dengan posisi tersebut, ibu lalu melakukan gerakan mengayunkan badannya ke atas sambil menengadahkan kepala.

"Untuk jenis pemanasan dengan bantuan kursi. Ibu memerlukan bantuan asisten rumah tangga atau suaminya untuk memegangi kursi, supaya sang ibu aman," tutur Maria.

Lanjutnya, ntuk pemanasan mengenakan bantuan dinding kosong. Ibu cukup berdiri dengan menempelkan punggungnya pada dinding dengan posisi kaki membentuk sudut 18 derajat.

"Gerakan yang perlu dilakukan adalah, turun kebawah dengan posisi punggung menempel. Semampunya saja, tidak harus turun sampai menyentuh lantai," ujar Maria.

Olahraga tersebut dapat membantu menguatkan otot panggul dan paha ibu hamil. Apalagi, saat melahirkan, kekuatan otot panggul dan paha sangat dibutuhkan.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : TheAsianparent.com
Sumber : Surya.co.id

Reponsive Ads