GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

BMKG Sudah Mengumumkan Adanya Fenomena Ganda

BMKG Sudah Mengumumkan Adanya Fenomena Ganda

Berita24-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menjelaskan penyebab elombang tsunami yang melanda Provinsi Banten dan Provinsi lampung Sabtu, 22 Desember 2018. Menurut…

BMKG Sudah Mengumumkan Adanya Fenomena Ganda

Berita24-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menjelaskan penyebab elombang tsunami yang melanda Provinsi Banten dan Provinsi lampung Sabtu, 22 Desember 2018. Menurut pantauan BMKG ini disebebkan karena alam ganda yaitu berbarengannya fenomena bulan purnama dan aktivitas gunung krakatau.

"Ada indikasi yang terjadi memang pada hari yang sama ada gelombang tinggi, ada bulan purnama namun juga terjadi erupsi Anak Gunung Krakatau yang diduga mengakibatkan tsunami," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di Kantor BMKG, Jakarta, pada Minggu dinihari, 23 Desember 2018.

Menurut Dwikonita, setelah gelombang tsunami, BMKG secepatnya berkoordinasi dengan Geologi untuk memastikan penyebab fenomena alam yang terjadi di Provinsi Banten dan Lampung. sehari sebelumnya BMKG mengumumkan bahwa adanya gelombang tinggi yang ada selat Sunda.

Badan Geologi Kementerian ESDM juga mencatat terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau pada pukul 21.03 WIB. "Tsunami terdeteksi cukup jauh sampai Bandar Lampung, Cilegon, dan Serang di Banten. Artinya energi cukup tinggi," ujar Dwikorita sembari menambahkah bahwa perkiraan sementara tsunami akibat terjadinya longsoran material di dalam laut.

Sumber : Tempo.co

Gambar : IDNtimes.com

No comments