Obor Rakyat Indonesia

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Prabowo Luncurkan Program Penggalangan Dana untuk Biayai ...

On 12:43 AM

Prabowo Luncurkan Program Penggalangan Dana untuk Biayai ...

Politik itu mahal harganya. Semua pasti paham betul akan hal tersebut. Untuk menjadi pemimpin daerah atau anggota legislatif, misalnya butuh biaya kampanye yang tak sedikit. Di tingkat Kota/Kabupaten saja, biayanya bisa mencapai pilihan miliar, apalagi di tingkat provinsi atau nasional.

Dengan tingginya biaya politik tersebut, tak heran jika kemudian banyak calon legislatif atau calon kepala daerah yang begitu bergantung kepada penyandang dana, terutama calon legislatif atau calon kepala daerah yang lemah secara ekonomi.

Hal ini tentu saja buruk bagi sistem demokrasi yang sehat, sebab ketergantungan kepada penyandang dana punya kecendurungan parasit. Kenetralan berkurang. Dan yang paling jelas, pemeritahannya akan selalu diselimuti kepentingan-kepentingan tertentu.

Untuk menangkal fenomena ini, sebuah langkah yang cukup apik ditempuh oleh Partai Gerindra.

Beberapa waktu y ang lalu, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto meluncurkan aplikasi sarana penggalangan dana untuk mendukung perjuangan politiknya serta Gerindra. Aplikasi tersebut oleh Prabowo diberi nama Galang Perjuangan.

“Saya merancang suatu program pencari dana dari rakyat langsung, dari pendukung-pendukung saya, dan pendukung-pendukung Gerindra. Saya namakan @GalangPerjuangan,” ujar Prabowo dalam video siaran langsungnya di Facebook.

Dengan aplikasi ini, para simpatisan bisa menyumbangkan uangnya untuk mendukung perjuangan politik Gerindra.

Oleh Prabowo, gerakan ini dinilai efektif untuk memenangkan calon-calon kepala daerah maupun legislatif yang potensial namun terkendala oleh dana.

“Saya mohon bantuanmu, berapa banyak itu tergantung kemampuanmu. Kalau kau, katakanlah, mengirim Rp 5 ribu kami sudah terima kasih. Kalau bisa kirim Rp 10 ribu, Rp 20 ribu dan seterusnya akan sangat berarti,” ujar Prabowo.

Langkah penggalangan dana untuk kepentingan perju angan politik partai yang dilakukan oleh Gerindra ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga meluncurkan program penggalangan dana bertajuk Donasi Solidaritas.

Donasi tersebut oleh PSI dimaksudkan untuk mewujudkan partai yang bebas dari praktik mahar politik.

Yah, semoga gerakan-gerakan penggalangan dana perjuangan politik partai ini bisa menjadi ikhtiar yang bagus untuk mewujudkan demokrasi yang baik dan sehat.

Semoga program ini bisa membantu caleg-caleg kismin, yang tak punya dana untuk cetak baliho atau bikin stiker dalam jumlah banyak, tapi bagus secara kapabilitas, bisa berlaga dengan maksimal di pemilihan umum.

prabowo

Add FriendSumber: Google News

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »