www.AlvinAdam.com

Obor Rakyat Indonesia

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PKB Desak Pemerintah Perhatikan Nasib Petani Tembakau

Posted by On November 08, 2017

PKB Desak Pemerintah Perhatikan Nasib Petani Tembakau

PKB Desak Pemerintah Perhatikan Nasib Petani Tembakau - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah perwakilan petani tembakau mendatangi kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (9/11).

Mereka datang untuk mengadukan nasib yang hingga kini kurang diperhatikan pemerintah.

"Kami mendengarkan keluhan para petani tembakau. Sekarang ini ada sejumlah persoalan yang mereka hadapi. Di tengah kemiskinan, mereka tidak mendapatkan pelayanan kesehatan," ujar Ketua Umum DPP PKB Muha imin Iskandar dalam konferensi pers yang digelar Kamis siang.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin ini, para petani tembakau mengalami kesulitan disebabkan beberapa faktor. Antara lain, iklim yang tidak menentu, harga jual tembakau ke pabrik rokok sangat rendah, serta sulitnya permodalan.

"PKB mengharapkan Menteri BUMN lewat perbankan memberi kemudahan permodalan pada para petani, dengan model penjaminan tanaman tembakau. Bukan tanahnya. Kemudian juga asuransi bagi tanaman tembakau," ucap Cak Imin.

Selain itu, PKB juga meminta Kementerian Keuangan tidak menaikkan cukai rokok sebelum mampu menjelaskan tentang penggunaan cukai rokok mengatasi kemiskinan petani tembakau.

"Kami harapkan cukai yang begitu besar memberi pemasukan negara, bisa mengcover pelayanan kesehatan gratis bagi para petani tembakau. Kalau cukai memang terpaksa dinaikkan, harus benar-benar digunakan untu mengcover kesehatan gratis bagi para petani," katanya.

C ak Imin optimistis pemerintah dapat menjawab permintaan para petani tembakau, karena pemasukan negara dari cukai rokok hampir sepuluh persen dari penerimaan APBN. Sementara di sisi lain, jumlah petani tembakau tidak terlalu banyak.

  • 1
  • 2
  • Next
Berita Terkait
  • Menteri Siti: Saya Bahagia Kalau Petani Gembira
  • Buruh Terancam, Usulan Pembatasan Impor Dinilai tak Tepat
  • Jangan Terkecoh, ini Cara Bedakan Pupuk Asli dan Palsu
  • Jokowi Serahkan SK Pemanfaatan Hutan Untuk Petani di Bekasi
  • Cukai Rokok Naik, Bagi Hasil ke Daerah Harus Bertambah
  • Pak Jokowi, Please Lindungi Petani Tembakau
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »