www.AlvinAdam.com

Obor Rakyat Indonesia

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Informasi: HNW: Generasi Milenial Harus Sejalan dengan Nilai Pancasila

Posted by On Oktober 10, 2017

HNW: Generasi Milenial Harus Sejalan dengan Nilai Pancasila

HNW: Generasi Milenial Harus Sejalan dengan Nilai Pancasila - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah kondisi dan situasi saat ini, Pancasila mengalami banyak terpaan yakni banyak yang tidak memahami tentang sejarah dan Pancasila atau ada yang berusaha mengaburkan Pancasila hanya untuk kepentingan kelompok tertentu. Bahkan ada yang menjadikan sebagai alat untuk mengkriminalisasi kelompok lain.

Menanggapi situasi tersebut, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid berpesan agar generasi milenial yang berada pada arus perkembangan zaman harus bertanggung jawab dan sejalan dengan penerapan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini diungkapkan Hidayat Nur Wahid dalam Dialog TV One, MPR Rumah Kebangsaan dalam tema Revitalisasi dan Reaktualisasi Pancasila, di Kompleks DPR, MPR dan DPD, Senayan pada Selasa, 10 Oktober 2017.

“Pancasila harus hadir apa adanya sesuai dengan yang dirumuskan oleh para founding fathers dan mother,” kata Hidayat.

Dalam acara bincang-bincang dengan durasi 30 menit ini, Hidayat mengatakan, saat ini kita berada pada penjajahan gaya baru dimana saling mencaci, dan saling fitnah. Ada upaya untuk memisahkan dari NKRI dan ada pula gerakan separatis yang bisa mengoyak NKRI.

Menurutnya, kita memiliki masalah di bidang ekonomi, agama, politik yang punya kepentingan mengadu domba.

“Seharusnya kita menyadari bahwa perbedaan yang dimiliki itu sebagai kekayaan bangsa, bukan sebagai rintangan bangsa,” katanya.

Untuk merumuskan sesuatu masalah, Pancasila memiliki sila keempat dimana musy awarah dan mufakat menjadi kata kunci semua permasalahan. Antara pemerintah dan DPR, ketika ingin membuat undang-undang masih mengandalkan musyawarah, juga ketentuan baru dalam undang-undang pada pemilihan presiden dipilih secara langsung itu juga melalui mekanisme musyawarah hingga keluar nama calon presiden.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »