www.AlvinAdam.com

Obor Rakyat Indonesia

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Informasi: Jaga Kebinekaan dengan Kewaspadaan Bermedia Sosial

Posted by On September 18, 2017

Jaga Kebinekaan dengan Kewaspadaan Bermedia Sosial

Jaga Kebinekaan dengan Kewaspadaan Bermedia Sosial - JPNN.COM

Ilustrasi Facebook. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat Indonesia harus bisa menjaga kebinekaan untuk menjaga keutuhan bangsa.

Masyarakat juga diminta mewaspadai upaya adu domba dari oknum tak bertanggung jawab.

“Untuk menjaga kebinekaan dan kearifan lokal yang ada tentu juga harus dengan kewaspadaan. Kewaspadaan ini agar berbagai macam perbedaan yang dimiliki bangsa ini tidak dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk memecah belah bangsa ini,” ujar Wakil Ketua Majelis Tarjih PP Muhammadiyah Hamim Ilyas, Senin (18/9).

Dosen pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sun an Kalijaga, Jogjakarta itu menambahkan, dari dulu hingga sekarang sudah ada usaha-usaha kelompok tertentu untuk memecah belah persatuan bangsa dengan cara mengadu domba.

“Cuma sekarang cara yang dilakukan untuk mengadu domba sudah lebih banyak, Di antaranya melalui media, baik yang dilakukan media mainstream dan juga media sosial,” ujarnya.

Dia menjelaskan, di dalam Islam, kewaspadaan dalam menjaga kebinekaan untuk media itu harus dengan memperluas permaknaan iqra.

Menurutnya, pada zaman dulu, iqra itu dipahami sebagai literasi teknis, fungsional, dan literasi kebudayaan. Saat ini, ada literasi media baik media sosial maupun mainstrem.

“Sehingga perlu upaya agar pemilik media mainsstream ini tetap menjaga objektivitas dari medianya agar media sebagai pilar demokrasi yang keempat bisa tetap terjaga,” ujar pria kelahiran Klaten, 1 April 1961 ini.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Next
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »