www.AlvinAdam.com

Obor Rakyat Indonesia

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Budaya: Handuk Bisa Lebih Kotor Dari Yang Kamu Bayangkan

Posted by On September 28, 2017

Handuk Bisa Lebih Kotor Dari Yang Kamu Bayangkan

Handuk Bisa Lebih Kotor Dari Yang Kamu Bayangkan - JPNN.COM

jpnn.com - Handuk kotor bisa membawa berbagai macam mikroba dan bahkan telah dikaitkan dengan penyebaran penyakit menular.

Anda tidak bisa mencegah handuk Anda 100 persen bebas kuman. Menurut para ahli, tapi Anda bisa mencegahnya dengan cara mencuci handuk hanya lebih sering daripada yang mungkin Anda lakukan sekarang.

"Handuk adalah perangkap bakteri yang hebat karena setiap kali Anda menggunakan handuk, Anda mentransfer bakteri kulit alami Anda dan kuman lain yang Anda bawa ke permukaannya," kata asisten profesor epidemiologi di University of Michigan School of Public Health, Emily Martin, seperti dilansir laman Health.

"Sebagian besar kuman ini tidak a kan memiliki efek kesehatan negatif karena mereka berasal dari tubuh Anda sendiri. Tubuh kita disesuaikan untuk bisa tinggal di lingkungan ini dengan semua mikroba ini," imbuh Martin,

Tapi handuk menawarkan lingkungan yang sempurna bagi bakteri dan mikroorganisme lainnya untuk tumbuh karena mereka bersifat lembab, hangat dan menyerap.

Karena tangan Anda bisa mentransfer mikroba ke handuk Anda dari apapun yang mereka sentuh, kamar mandi adalah tempat yang sangat mengancam untuk handuk.

"Di sana, tangan Anda menyentuh organisme tinja seperti bakteri coliform, suatu organisme yang bisa mengindikasikan adanya bakteri penyebab penyakit di air, Escherichia coli atau bahkan Salmonella," papar Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Arizona.

Dalam satu studi (yang belum dipublikasikan) Gerba mengatakan bahwa ia menemukan bahwa hampir 90 persen handuk kamar mandi terkontaminasi bakteri coliform dan sekitar 14 persen membawa E. coli.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Next
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »