www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Daya Tarik Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan - VIVA.co.id

Posted by On Juli 28, 2017

Daya Tarik Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan - VIVA.co.id

  • VIVA.co.id รข€" Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Festival Lebaran Betawi 2017 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Juli 2017 mulai pukul 06.00-22.00 WIB. Lebaran Betawi 2017 akan diisi berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi.

    Mulai dari gambang kromong, lenong Betawi, silat Betawi, gambus, rebana biang, keroncong, samrah, berbalas pantun, sohibul hikayat, prosesi hantaran, qosidah, marawis, kuliner khas Betawi, fesyen, dan mewarnai gambar.

    Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta untuk bidang budaya, Usmayadi, mengutarakan kegiatan ini, direncanakan akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Minggu 30 Juli 2017.

    "Kegiatan ini akan berlangsung besok dan lusa, sudah dipredi ksi akan banyak karena sudah ada publikasi media, kemudian masyarakat juga sudah mulai kenal dengan situ babakan, acara budaya Betawi," ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 28 Juli 2017.

    Perkampungan Betawi Setu Babakan telah menjadi salah satu destinasi wisata utama Jakarta untuk mengenal kebudayaan Betawi. Perkampungan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini masih memelihara warisan seni dan budaya Betawi asli.

    Wisatawan dapat menemukan berbagai kesenian dan adat budaya khas Betawi, seperti tari topeng, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, ondel-ondel, tari cokek yang ditampilkan pada setiap hari Sabtu dan Minggu.

    "Kalau di luar kegiatan lebaran Betawi mah di sini lebih ramai kalau Sabtu sama Minggu, banyak penampilan kebudayaan Betawi," kata salah satu warga, Ani.

    Ia juga menambahkan bahwa jika ingin melihat kesenian dan budaya Betawi dapat datang di Hari Minggu mulai pukul 08.00. "Biasa nya diawali dengan Beksi (silat Betawi) setelah itu ada tampilan-tampilan tarian khas Betawi, nanti juga selama kegiatan itu para penari akan mengenakan baju khas Betawi," ucapnya.

Sumber: Google News Budaya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »