www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pasangan Gay Aceh Dihukum Cambuk

Posted by On Mei 17, 2017

Pasangan Gay Aceh Dihukum Cambuk

Pasangan Gay Aceh Dihukum Cambuk

Sepasang lelaki gay di Aceh dijatuhkan hukuman cambuk 85 kali setelah kedapatan melakukan hubungan seksual. Vonis tersebut menambah daftar diskriminasi terhadap kaum LGBT di Indonesia.

Indonesien Prügelstrafe in der Provinz Aceh (picture alliance/AP Photo/H. Juanda)

Ilustrasi hukuman cambuk di Aceh

Pengadilan Syariah di provinsi Aceh memvonis dua pria gay dengan hukuman 85 kali cambukan di depan umum. Kedua pria yang berusia 20 dan 23 tahun dinyatakan bersalah karena melakukan hubungan seksual. Mereka akan dicambuk pekan depan, sebelum dimulainya bulan Ramadan.

Organisasi HAM internasional mengecam perlakuan terhadap pasangan gay tersebut karena dianggap "kasar dan merendahkan martabat." Hum an Rights Watch mengatakan, hukuman cambuk di depan umum bisa dikategorikan sebagai penyiksaan menurut hukum internasional.

Ketua majelis hakim, Khairil Jamal, mengatakan kedua pria "telah terbukti melakukan hubungan seksual sesama jenis." Ia mengklaim majelis hakim tidak menjatuhkan hukuman paling berat, yakni 100 kali cambukan, karena terdakwa dinilai bersikap sopan, kooperatif dan tidak memiliki catatan kriminal.

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    1. Turki

    Sejak kekhalifahan Utsmaniyah melegalkan hubungan sesama jenis tahun 1858, Turki hingga kini masih mengakui hak kaum gay, lesbian atau bahkan transgender. Namun begitu praktik diskriminasi oleh masyarakat dan pemerintah masih marak terjadi lantaran minimnya perlindungan oleh konstitusi. Namun begitu partai-partai politik Turki secara umum sepakat melindungi hak kaum LGBT dari diskriminasi .

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    2. Mali

    Mali termasuk segelintir negara Afrika yang melegalkan LGBT. Pasalnya konstitusi negeri di barat Afrika ini tidak secara eksplisit melarang aktivitas homoseksual, melainkan "aktivitas seks di depan umum". Namun begitu hampir 90% penduduk setempat meyakini gay dan lesbian adalah gaya hidup yang harus diperangi. Sebab itu banyak praktik diskriminasi yang dialami kaum LGBT di Mali.

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    3. Yordania

    Konstitusi Yordania tergolong yang paling maju dalam mengakomodir hak-hak LGBT. Sejak hubungan sesama jenis dilegalkan tahun 1951, pemerintah juga telah menelurkan undang-undang yang melarang pembunuhan demi kehormatan terhadap kaum gay, lesbian atau transgender. Pemerintah misalnya mentolelir munculnya cafe dan tempat hiburan di Amman yang dikelola oleh kaum LGBT.

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    4. Indonesia

    Undang-undang Dasar 1945 secara eksplisit tidak melarang aktivitas seksual sesama jenis. Indonesia juga tercatat memiliki organisasi LGBT tertua di Asia, yakni Lambda Indonesia yang aktif sejak dekade 1980an. Kendati menghadapi diskriminasi, presekusi dan tanpa perlindungan konstitusi, kaum gay dan lesbian Indonesia belakangan tampil semakin percaya diri buat memperjuangkan hak mereka.

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    5. Albania

    Kendati bermayoritaskan muslim, Albania dianggap sebagai pionir di tenggara Eropa dalam mengakui hak-hak kaum LGBT. Negeri miskin di Balkan ini juga telah memi liki sederet undang-undang yang melindungi gay dan lesbian dari praktik diskriminasi.

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    6. Bahrain

    Negara pulau di tepi Teluk Persia ini telah melegalkan hubungan sesama jenis sejak tahun 1976. Namun begitu Bahrain tetap melarang lintas busana di ruang-ruang publik. Terutama sejak 2008 pemerintah bertindak tegas terhadap pelanggaran aturan berbusana. Bahrain juga berulangkali dilaporkan mendakwa warga asing yang menawarkan layanan seksual sesama jenis di wilayahnya.

  • default

    Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

    7. Palestina (Tepi Barat)

    Resminya praktik hubungan sesama jenis masih dilarang di Jalur Gaza. Tapi tidak demikian halnya dengan Tepi Barat Yordan sejak dilegalkan tahun 1951. Ironisnya aturan yang melarang L GBT di Jalur Gaza tidak berasal dari pemerintahan Hamas, melainkan dari Inggris sejak zaman penjajahan.

    Penulis: rzn/yf (dari berbagai sumber)


"Sebagai muslim, terdakwa harus mentaati hukum Syariah yang berlaku di Aceh," ujarnya.

Reputasi Indonesia sebagai negara bercorak Islam moderat belakangan memudar, antara lain karena hukuman dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, lantaran dianggap menghina Islam karena mengritik politisasi agama. Diskriminasi terhadap minoritas juga tercatat mengalami peningkatan.

Menurut lembaga advokasi hak LGBT, Arus Pelangi, pada 2013 sebanyak 17,3% kaum gay, lesbian, transgender dan biseksual pernah melakukan usaha bunuh diri. Sebanyak 16,4% bahkan melakukannya lebih dari satu kali. Tahun 2016 juga tercatat sebagai salah satu tahun paling kelam menyusul meningkatnya kasus kekerasan dan penganiayaan terhadap kaum LGBT.

  • Bildergalerie Indonesien Banda Aceh 1999 70 Jahre indonesische Streitkräfte (Getty Images/AFP/O. Budhi)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Bingkisan dari Jakarta

    Pintu bagi penerapan Syariah Islam di Aceh pertamakali dibuka oleh bekas Presiden Abdurrachman Wahid melalui UU No. 44 Tahun 1999. Dengan cara itu Jakarta berharap bisa mengikis keinginan merdeka penduduk lokal setelah perang saudara berkepanjangan. Parlemen Aceh yang baru berdiri tidak punya pilihan selain menerima hukum Syariah karena takut dituding anti Islam.

  • Zehn Jahre nach Tsunami in Banda Aceh Indonesien (Getty Images/U. Ifansasti)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Kocek Teba l Pendakwah Syariah

    Anggaran penerapan Syariah Islam di Aceh ditetapkan sebesar 5% pada Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBA). Nilainya mencapai hampir 700 milyar Rupiah. Meski begitu Dinas Syariat Islam Aceh setiap tahun mengaku kekurangan uang dan meminta tambahan anggaran. DSI terutama berfungsi sebagai lembaga dakwah dan penguatan Aqidah.

  • Indonesien | Scharia Polizei Bestrafung in Aceh (Getty Images/AFP/C. Mahyuddin)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Polisi Agama di Ruang Publik

    Sebanyak 22 milyar Rupiah mengalir ke lembaga polisi Syariah alias Wilayatul Hisbah. Lembaga yang berwenang memaksakan qanun Islam itu kini beranggotakan 1280 orang. Tugas mereka antara lain melakukan razia di ruang-ruang publik. Tapi tidak jarang aparat WH dituding melakukan tindak kekerasan dan setidaknya d alam satu kasus bahkan pemerkosaan.

  • Indonesien Frauen machen ein Selfie mit dem Handy (Getty Images/AFP/C. Mahyuddin)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Kenakalan Berbalas Cambuk

    Menurut Dinas Syariat Islam, pelanggaran terbanyak Syariah Islam adalah menyangkut Qanun No. 11 Tahun 2002 dan No. 14 Tahun 2003. Kedua qanun tersebut mengatur tata cara berbusana dan larangan perbuatan mesum. Kebanyakan pelaku adalah kaum remaja yang tertangkap sedang berpacaran atau tidak mengenakan jilbab. Untuk itu mereka bisa dikenakan hukuman cambuk, bahkan terhadap bocah di bawah umur

  • Indonesien | Scharia Polizei Bestrafung in Aceh (Getty Images/AFP/C.    Mahyuddin)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Cacat Hukum Serambi

    Kelompok HAM mengritik penerapan hukum Islam di Aceh tidak berimbang. Perempuan korban perkosaan misalnya harus melibatkan empat saksi laki-laki untuk mendukung dakwaannya. Ironisnya, jika gagal menghadirkan jumlah saksi yang cukup, korban malah terancam dikenakan hukuman cambuk dengan dalih perbuatan mesum. Adapun terduga pelaku diproses seusai hukum pidana Indonesia.

  • Prügelstrafe Frau in Banda Aceh (picture-alliance/epa/N. Afrida)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Petaka buat Perempuan?

    Perempuan termasuk kelompok masyarakat yang paling sering dibidik oleh Syariah Islam di Aceh. Temuan tersebut dikeluhkan 2013 silam oleh belasan LSM perempuan. Aturan berbusana misalnya lebih banyak menyangkut pakaian perempuan ketimb ang laki-laki. Selain itu penerapan Syariat dinilai malah berkontribusi dalam sekitar 26% kasus pelecehan terhadap perempuan yang terjadi di ranah publik.

  • Moschee Indonesien Banda Aceh (AP)

    Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

    Pengadilan Jalanan

    Ajakan pemerintah Aceh kepada penduduk untuk ikut melaksanakan Syariah Islam justru menjadi bumerang. Berbagai kasus mencatat tindakan main hakim sendiri oleh masyarakat terhadap tersangka pelanggar Qanun. Dalam banyak kasus, korban disiram air comberan, dipukul atau diarak tanpa busana. Jumlah pelanggaran semacam itu setiap tahun mencapai puluhan, menurut catatan KontraS

    Penulis: Rizki Nugraha


rzn/yf (ap)

Laporan Pilihan

Tujuh Fakta Syariah Islam di Aceh

Sejak diterapkan lebih dari satu dekade silam Syari ah Islam di Aceh banyak menuai kontroversi. Hukum agama di Serambi Mekkah itu sering dikeluhkan lebih merugikan kaum perempuan. Benarkah? (18.10.2016)

Inilah Negara Islam yang Legalkan Gay dan Lesbian

Kendati legal, kaum gay dan lesbian di negara-negara ini tidak serta merta bebas dari diskriminasi. Tapi inilah negara-negara Islam yang mengakui hak-hak kaum gay dan lesbian. (11.02.2016)

  • Tanggal 17.05.2017
  • Kata Kunci LGBT, Aceh, Syariah Islam, Hak Azasi Manusia, Minoritas, Diskriminasi, Indonesia, Homofobia
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2d5AH
Sumber: DW

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »