www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kunjungan Presiden Lithuania yang Pertama Sejak 24 Tahun - Republika Online

Posted by On Mei 17, 2017

Kunjungan Presiden Lithuania yang Pertama Sejak 24 Tahun - Republika Online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengatakan kunjungan Presiden Dalia Grybauskaite merupakan Presiden Lithuania pertama kali ke Indonesia sejak dijalinnya hubungan diplomatik kedua negara sejak 24 tahun lalu.
"Ini adalah kunjungan yang bersejarah untuk pertama kalinya Presiden Lithuania ke Indonesia," kata Jokowi saat konferensi bersama usai pertemuan bilateral Indonesia dan Lithuania di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/5).
Presiden berharap momentum bersejarah ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Lithuania. Jokowi mengungkapkan dapam "bilateral meeting" telah disepakati dua kerjasama, yakni kerjasama bidang energi dan kerjasama bidang informasi teknologi untuk penggunaan transportasi.
"Saya menyambut baik penandatanganan dua kesepakatan kerjasama di bidang energi baru terbar ukan dan konservasi energi, serta di bidang transportasi," katanya.
Presiden mengungkapkan bahwa kerjasama bidang energi, diantaranya menyangkut energi biomassa, energi dari sampah dan juga gas. Sedangkan untuk bidang Informasi Teknologi untuk penggunaan di transportasi darat maupun di penerbangan, serta di bidang-bidang yang lainnya.
"Kita juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi. Dan kita juga mendorong agar negoisasi Indonesia dan comprehensive economic Partnership agreement (CEPA) akan dapat segera diselesaikan," harap Jokowi.
Jokowi juga mengatakan Indonesia telah menyampaikan konsen terhadap terus berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa. "Tadi kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diperlakukan secara fair," tegas Jokowi.
Presiden juga mengungkapkan bahwa jumlah wisatawan Lithuania ke Indonesia dalam empat tahun terakhir ini meningk at sangat signifikan, yaitu meningkat 183 persen dari tahun 2013 ke 2016.
Presiden Dalia menyatakan kebahagiaan karena untuk pertama kalinya ke Indonesia dan mengucapkan terima kasih atas sambutannya.
Dalia mengatakan Lithuania siap mendukung CEPA dan juga dalam negosiasi bebas visa ke Uni Eropa karena kerjasama ini akan mendatangkan pemasukan 2,5 miliar uero. Dia mengatakan Indonesia-Lithuania telah sepakat kerjasama energi inovatif, bidang LNG dan penggunaan bio masa, energi matahari dan ada penandatanganan di bidang perhubungan.
"Beberapa teknologi kami sudah digunakan di Jakarta (Indonesia) dan kita dorong arus pariwisata ini baik untuk kedua belah pihak," harap Dalia.
Presiden Dalia berharap kunjungan ini akan menjadi momentum pendorong untuk kedua belah pihak saling meningkatkan kerjasama, salah satunya di bidang pertanian karena Lithuania memiliki lahan yang cukup baik.

Sumber: Google News

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »