www.AlvinAdam.com


Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemerintah Harus Lebih Selektif Kirim TKI ke Luar Negeri

Posted by On November 08, 2017

Pemerintah Harus Lebih Selektif Kirim TKI ke Luar Negeri

Pemerintah Harus Lebih Selektif Kirim TKI ke Luar Negeri - JPNN.COM

jpnn.com, MATARAM - Pemerintah diminta dalam mengirim tenaga kerja Indonesia (TKI) benar-benar yang sudah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan. Baik persyaratan administratif maupun teknis telah melalui proses yang normal, artinya tidak ada faktor yang akhirnya menjadi TKI ilegal.
“Prosesnya harus benar. PJTKI juga harus selektif tidak hanya “menjual” manusia, kemudian tidak berfikir bagaimana keselamatan dan perlindungannya. Pemerintah Pusat, Pemda, dan PJTKI dan pihak swasta harus bekerja sama agar tidak terus berulang terjad i kasus TKI yang meninggal di luar negeri,” ungkap Anggota Komisi XI DPR Willgo Zainar usai menggelar pertemuan dengan Kanwil Kemenkeu, Kanwil BPK, BPKP dan Pemprov NTB di Mataram baru-baru ini.
Ketika membahas soal laporan bea masuk, Kanwil Bea Cukai NTB memaparkan bahwa total penerimaan bea masuk dari NTB jumlahnya kecil. Alasannya kebanyakan penumpangnya TKI yang tidak membawa barang-barang yang dikenakan bea masuk.
Dari komoditas impor yang paling sering adalah jenazah TKI yang tidak terkena bea masuk. Jumlahnya cukup banyak seminggu bisa tiga sampai lima jenazah, karena kecelakaan kerja atau kasus lainnya. Jenazah TKI ini termasuk kategori Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK) termasuk tanpa beban biaya.
Willgo Zainar yang juga anggota Dewan Dapil NTB mengakui, benar dari NTB ada sekitar 50 ribuan TKI paling besar ke Malaysia. Kebanyakan skill (ketrampilannya ) tidak disiapkan dan berujung TKI ilegal, sehingga dikejar-kejar petugas. Atas berbagai kasus tersebu t, pemerintah harus bertindak lebih tegas, sehingga kasus pengiriman jenazah TKI tidak terjadi lagi.(adv/jpnn)

Berita Terkait
  • Komisi VIII Sebut 5 Kabupaten di Papua Belum Mendapat PKH
  • Komisi IV DPR Temukan Persoalan Asuransi Nelayan di Kalbar
  • Komisi V Dorong Pembangunan Terminal Liwas Sesuai Target
  • Cegat Ketua BK, Perempuan Asli Kaimana Titip Pesan ke Jokowi
  • Sejumlah Pihak Berpotensi Jadi Penyebab Konflik Pemilu
  • Komisi XI Apresiasi BI dan OJK Tangani Investasi Bodong
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »