www.AlvinAdam.com


Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Politik: Tenang, Parpol Pasti Diberi Kesempatan Memperbaiki Berkas

Posted by On Oktober 04, 2017

Tenang, Parpol Pasti Diberi Kesempatan Memperbaiki Berkas

Tenang, Parpol Pasti Diberi Kesempatan Memperbaiki Berkas - JPNN.COM

Pemilu 2019. ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - Partai politik tidak perlu ragu mendaftarkan partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dapat menjadi peserta Pemilu 2019. Karena nantinya penyelenggara masih memberi kesempatan pada parpol memperbaiki berkasnya, jika masih ditemukan masih kurang lengkap.

"Misalnya SK kepengurusan belum (dilengkapi saat pendaftaran,red), maka mau tidak mau SK-nya harus dipenuhi. Ini kan konteksnya penelitian administratif, ada jangka waktunya untuk pemenuhan dokumen yang dianggap belum memenuhi syarat," ujar Komisione r KPU Hasyim Asy'ari di Jakarta, Rabu (4/10).

Kesempatan yang sama kata Hasyim, juga dberikan pada parpol saat verifikasi faktual. Dengan demikian, parpol dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang.

"Untuk verifikasi faktual misalnya ketika petugas menemui pengurus sebuah partai di daerah, ditemukan ada dua nama belum memenuhi syarat, maka dua nama ini harus diperbaiki," ucapnya.

Menurut Hasyim, untuk perbaikan nama pengurus tidak cukup hanya di tingkat kabupaten/kota. Karena dokumen awal merupakan kewenangan dewan pengurus pusat.

Nantinya setelah diperbaiki di tingkat pusat, diverifikasi ulang oleh petugas di tingkat kabupaten/kota.

"Untuk penelitian adimistrasi dilakukan 30 hari berakhirnya masa pendaftaran parpol oleh KPU pusat. Kemudian KPU membuat berita acara apakah sudah memenuhi persyaratan atau belum. Kalau belum akan disampaikan berita acara itu tentang apa yang belum dan apa yang harus diperbaiki,& quot; ucapnya.

Untuk perbaikan berkas daftar anggota kata Hasyim, parpol diberi kesempatan selama 14 hari. Sementara untuk berkas administrasi lain diberikan waktu tujuh hari.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »