Budaya: Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap

Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap Ilustrasi: www.ladycarehealth.com jpnn.com - Berbagai institusi medis di duni...

Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap

Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap - JPNN.COM

Ilustrasi: www.ladycarehealth.com

jpnn.com - Berbagai institusi medis di dunia merekomendasikan cara berhenti merokok secara tiba-tiba.

Namun pada kenyataannya, lebih banyak perokok yang memilih berhenti secara bertahap. Mana yang sebetulnya lebih efektif untuk jangka panjang?

Menurut studi yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine pada 2016, cara berhenti merokok secara bertahap kurang efektif. Studi yang dilakukan terhadap 697 subjek dewasa dengan kecanduan tembakau ini dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama adalah subjek yang m emilih untuk berhenti merokok secara tiba-tiba. Sedangkan kelompok kedua ialah subjek yang memilih untuk berhenti merokok secara bertahap, yakni mengurangi jumlah batang rokok sebanyak 75 persen dalam waktu 2 minggu sebelum akhirnya berhenti total.

Kedua, kelompok juga menerima terapi perilaku dari tenaga medis, dan menggunakan pengganti nikotin sebelum dan sesudah hari ketika mereka benar-benar berhenti merokok.

Empat minggu kemudian, didapatkan bahwa sebanyak 49 persen subjek menjadi tidak merokok pada kelompok yang berhenti secara tiba-tiba. Angka ini lebih kecil pada kelompok yang berhenti bertahap, yaitu sebanyak 39,2 persen subjek.

Penilaian ulang di bulan keenam pun menunjukkan kecenderungan yang sama. Subjek yang tetap tidak merokok lebih banyak berasal dari kelompok yang berhenti merokok secara tiba-tiba dibandingkan kelompok yang berhenti secara bertahap (22% berbanding 15,5%).

Hasil studi ini menyimpulkan bahwa cara berhenti merokok dengan tiba -tiba, lebih efektif dibandingkan berhenti secara bertahap, untuk membuat seseorang tetap tidak merokok dalam waktu lama.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Budaya: Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap
Budaya: Lebih Efektif Mana, Berhenti Merokok Tiba-tiba atau Bertahap
https://photo.jpnn.com/timthumb.php?src=https://photo.jpnn.com/arsip/normal/2016/12/27/74f7a6ee7e384dcc485532c1d9894c68.jpg&w=510&h=294&zc=1&q=70
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/10/budaya-lebih-efektif-mana-berhenti.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/10/budaya-lebih-efektif-mana-berhenti.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy