www.AlvinAdam.com


Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ekonomi: Kulit Sapi Kurban Harganya Sebegini, Diolah lagi jadi Kerupuk dan Kikil

Posted by On September 01, 2017

Kulit Sapi Kurban Harganya Sebegini, Diolah lagi jadi Kerupuk dan Kikil

Kulit Sapi Kurban Harganya Sebegini, Diolah lagi jadi Kerupuk dan Kikil - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA UTARA - Ada sekelompok warga di hari Iduladha ini khusus “berburu” kulit hewan kurban yang disembelih.

Bagian ini biasa diproduksi ulang oleh pengrajin, menjadi barang baru yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Saya cari kulit sapi atau kulit kambing. Itu dimanfaatkan lagi untuk bahan-bahan produksi," kata Junaedi (48) kepada JawaPos.com di Warakas, Jakarta Utara, Jumat (1/9).

Junaedi mengaku, biasanya membeli kulit sapi seharga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Sedangkan kulit kambing harganya terbilang murah, sekitar Rp 10.000.

Menur utnya, kulit sapi dapat diolah lagi menjadi kerupuk kulit dan kikil. Sisanya diproduksi menjadi bahan berkualitas seperti ikat pinggang, tas, dan sendal kulit.

Selain itu, kulit kambing yang terbilang cukup murah harganya bisa diolah menjadi bahan berkualitas baik untuk jaket kulit, dompet, bahkan bedug.

"Jadi momentum perayaan hari raya kurban kita manfaatkan untuk mencari kulit di tempat pemotongan hewan kurban," ucapnya.

Perayaan hari raya kurban ini juga dimanfaatkan sebagian warga untuk mencari rezeki dengan berjualan tusuk sate dan arang. Jadi, tidak heran banyak penjual tusuk sate dan arang dadakan.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »