Budaya: Waduh, Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes pada Pria?

Waduh, Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes pada Pria? jpnn.com - Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology &...

Waduh, Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes pada Pria?

Waduh, Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes pada Pria? - JPNN.COM

jpnn.com - Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang kurang waktu tidur atau suka tidur berlama-lama, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena diabetes.

Menurut author studi Femke Rutters, mereka yang memiliki kebiasaan seperti yang disebutkan di atas cenderung menderita diabtes tipe 2 di kemudian hari.

Adapun jenis diabetes yang terbentuk dari kebiasaan di atas adalah diabetes tipe 2, kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan insulin secara efektif.

Studi ini sendiri setidaknya melibatkan 788 pria dan wanita sehat berusia antara 30-60 dari 19 negara di Eropa ya ng juga merupakan bagian dari studi European Relationship between Insulin Sensitivity and Cardiovascular Disease (EGIR-RISC).

Adapun yang menjadi fokus para peneliti yang terlibat dalam studi ini adalah seberapa banyak waktu yang digunakan partisipan untuk tidur di malam hari serta pemantauan aktivitas partisipan melalui sensor gerak.

Dari situ ditemukan bahwa dari pria yang memiliki waktu tidur rata-rata 7 jam setiap malamnya, yang merupakan lamanya waktu tidur yang dianjurkan, mereka yang tidur kurang atau lebih dari 7 jam setiap malamnya memiliki metabolisme buruk terhadap glukosa.

“Pada pria, tidur terlalu lama atau kurang berkaitan dengan kurangnya responsifitas pada sel tubuh dalam menghasilkan insulin, mengurangi asupan glukosa dan meningkatkan resiko terkena diabetes di masa mendatang,” jelas Rutters seperti dikutip dari Medical News Today.

“Meski anda sehat, tapi tidur terlalu lama atau kurang dari yang dianjurkan bisa memberikan dampak bur uk pada kesehatan. Riset ini menunjukan betapa pentingnya tidur sebagai salah satu aspek kunci terhadap kesehatan metabolism glukosa,” tambah Rutters.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber : PojoksatuSumber: JPNN

COMMENTS

Nama

Berita,154,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Budaya: Waduh, Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes pada Pria?
Budaya: Waduh, Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes pada Pria?
https://photo.jpnn.com/arsip/watermark/2017/09/15/ilustrasi-foto-pixabay.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/09/budaya-waduh-kurang-tidur-tingkatkan.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/09/budaya-waduh-kurang-tidur-tingkatkan.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy