Budaya: Jam Biologis Tubuh Pengaruhi Berat Badan?

Jam Biologis Tubuh Pengaruhi Berat Badan? Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her jpnn.com - Tubuh manusia memiliki jam biologis...

Jam Biologis Tubuh Pengaruhi Berat Badan?

Jam Biologis Tubuh Pengaruhi Berat Badan? - JPNN.COM

Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Tubuh manusia memiliki jam biologis yang bertugas menentukan pola tidur. Dalam dunia medis, hal ini sering disebut sebagai irama sirkadian.

Pada umumnya, pola tidur manusia yang baik adalah mengikuti jam biologis, yaitu tidur di malam hari, dan beraktivitas di pagi hingga sore hari. Jam biologis juga berkaitan dengan aktivitas tubuh seperti suhu, kewaspadaan mental, indra, dan kekuatan fisik.

Selain itu, jam biologis dapat memengaruhi berat badan Anda.

Hubungan antara jam biologis dan berat badan telah dibuktikan melalui sebuah penelitia n. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat tersebut mencoba menganalisis data sekitar seratus responden yang merupakan orang dewasa. Penelitian tersebut juga mendokumentasikan perilaku tidur dan ritme sirkadian para responden. Selain itu, asupan makanan responden dicatat selama tujuh hari berturut-turut.

Hasilnya, peserta dengan persentase lemak tubuh tertinggi mengonsumsi sebagian besar kalori sesaat sebelum tidur.

Sebaliknya, peserta yang memiliki lemak tubuh lebih rendah cenderung terjaga selama beberapa jam setelah makan, kemudian tidur.Hal ini menunjukan bahwa faktor terpenting dalam penurunan berat badan adalah tidak langsung tidur setelah sesi makan malam.

Anda perlu memberi jeda antara jam makan malam dan waktu tidur.Fred Turek, seorang ilmuwan sirkadian dari Northwestern University, Amerika Serikat, juga menegaskan bahwa malam hari adalah waktu yang tepat untuk tidur, bukan makan.

Penelitian menunjukan bahwa makan pada malam hari justru bisa menimbulkan efek reset pada “jam kerja organ” di dalam tubuh. Dengan kata lain, jika mengirimkan sinyal ke organ tersebut pada waktu yang keliru (seperti makan pada waktu yang salah), Anda akan mengacaukan keseimbangan tubuh.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Budaya: Jam Biologis Tubuh Pengaruhi Berat Badan?
Budaya: Jam Biologis Tubuh Pengaruhi Berat Badan?
https://photo.jpnn.com/timthumb.php?src=https://photo.jpnn.com/arsip/normal/2016/12/26/d611cc78ab925c0faf15c2493c634a33.jpg&w=510&h=294&zc=1&q=83
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/09/budaya-jam-biologis-tubuh-pengaruhi.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/09/budaya-jam-biologis-tubuh-pengaruhi.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy