Budaya: Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan

Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan Kesepian. Ilustrasi Foto: pixabay jpnn.com - Semua orang pasti pernah mengalami kesepian d...

Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan

Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan - JPNN.COM

Kesepian. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Semua orang pasti pernah mengalami kesepian dari waktu ke waktu. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi ancaman kesehatan yang lebih besar ketimbang epidemi obesitas.

Gagasan bahwa memiliki hubungan sosial yang lebih sedikit bisa menyebabkan kesehatan menjadi buruk bukanlah hal baru.

Namun penelitian yang dipresentasikan pada konvensi tahunan American Psychological Association, studi dua meta analisis data sebelumnya yang mencakup 218 studi, memberikan data yang lebih kuat dan menyatakan bahwa ini adalah masalah kesehatan m asyarakat yang utama.

Studi meta-analisis pertama melihat hasil penelitian sebelumnya yang meneliti lebih dari 300.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang memiliki interaksi sosial lebih tinggi mampu menurunkan risiko kematian dini sebesar 50 persen.

Data penelitian terakhir yang meneliti lebih dari 3,4 juta orang menyimpulkan bahwa isolasi sosial, termasuk hidup sendiri bisa menyebabkan risiko kematian dini meningkat dan ini memberi dampak lebih besar pada kematian dini daripada obesitas.

"Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian bisa meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan dan besarnya risiko melebihi indikator kesehatan terkemuka," kata profesor psikologi di Universitas Brigham Young dan penulis utama, Julianne Holt-Lunstad, PhD, seperti dilansir laman Health.

"Menemukan diri Anda tidak bisa terhubung dengan orang lain bukanlah merupakan perasaan yang menyenangkan, tapi ini adalah kondisi manusia yang tak terhindark an," kata Dr. Galynker, MD, ketua asosiasi untuk penelitian di departemen psikiatri di Mount Sinai Beth Israel di New York City.

"Sosialisasi mengaktifkan sirkuit penghargaan Anda dan secara mental bermanfaat, jadi tidak adanya hal semacam itu membuat penarikan yang serupa dengan perasaan lapar terhadap makanan," jelas Dr. Galynker.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Budaya: Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Budaya: Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
http://photo.jpnn.com/timthumb.php?src=http://photo.jpnn.com/arsip/normal/2017/05/12/69be0ca78838fdcc4162d2e580cf672c.jpg&w=510&h=294&zc=1
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/09/budaya-hati-hati-kesepian-bisa-jadi.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/09/budaya-hati-hati-kesepian-bisa-jadi.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy