Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Hadapi Pengemudi Yang Ugal-ugalan

Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Hadapi Pengemudi Yang Ugal-ugalan OborRakyat.com - Berita harian: Yang sebaiknya dilakukan saat hadapi penge...

Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Hadapi Pengemudi Yang Ugal-ugalan

OborRakyat.com - Berita harian: Yang sebaiknya dilakukan saat hadapi pengemudi yang ugal-ugalan

Nagoya, Jepang (ANTARA News) - Jika Anda sedang berkendara dan ada pengemudi ugal-ugalan mendekat, apà yang sebaiknya dilakukan? Berikut tips dari praktisi safety driving dan pebalap profesional Rifat Sungkar.

"Jika menghadapi orang yang ugal-ugalan di jalan, penting bagi kita sebagai sesama untuk tidak bereaksi atas aksi mereka," kata Rifat disela kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, adalah keliru jika kita bereaksi terhadap pengemudi ugal-ugalan tersebut dengan alasan "ingin memberi pelajaran" atau terbawa emosi dan "ingin membalas agar impas".

"Jangan terbawa emosi dan ingat bahwa tidak ada gunanya kita bertindak ingin menertibkan pengemudi ugal2an itu," tambahnya.

Rifat mengemukakan jauh lebih baik jika kita bertindak bijaksana di jalan dengan persiapan diri yang baik sebelum berkendara.

Dia menjelaskan sekitar 80 persen emosi yang timbul di jalan adalah akibat pengemudi berada dalam tekanan waktu untuk sampai  ke tujuan.

"Kalau kita terburu-buru di jalan, kita akan mudah emosi. Cara agar tidak mudah emosi saat mengemudi, ya kita harus  tidak terburu-buru. Agar tidak terburu-buru, setiap kita akan mengemudi, buat rencana perjalanan," ujar Rifat.

Rencana perjalanan adalah mempersiapkan waktu dan membuat beberapa alternatif rute mencapai tujuan.

‌"Biasakan diri agar tidak tergantung gadget seperti GPS. Ingat gadget sekadar alat bantu kita mendapatkan informasi lalu lintas rute,  kitalah yang harus menentukan rute," tambahnya.

‌Bagaimana jika pengemudi lain bukan sekadar membahayakan kita tapi sudah punya rencana jahat terhadap kita?
‌
"Jangan pernah buka kaca atau pintu jika kita tidak yakin atas orang tersebut. Jangan ambil risiko," kata Rifat.

‌Rifat mengingatkan kejahatan terhadap pengguna jalan bisa terjadi di tengah kemacetan lalu lintas.
‌
"Saat berada di tengah kemacetan, orang akan bosan, capek. Saat itu juga refleks kita menurun dan pelaku kejahatan punya peluang beraksi. Jadi, jangan layani apapun permintaan orang yakin tidak kenal, yang kita tidak yakin."

Editor: Monalisa

COPYRIGHT © 2017

Sumber: http://otomotif.antaranews.com

OborRakyat.com, Kumpulan Berita , , foto, Profil, Video, Artis & Selebriti Indonesia terlengkap.

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Hadapi Pengemudi Yang Ugal-ugalan
Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Hadapi Pengemudi Yang Ugal-ugalan
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/yang-sebaiknya-dilakukan-saat-hadapi.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/yang-sebaiknya-dilakukan-saat-hadapi.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy