TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS

TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS Puluhan tenaga kerja Indonesia di Hong Kong dikabarka...

TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS

TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS

Puluhan tenaga kerja Indonesia di Hong Kong dikabarkan menjadi korban radikalisasi simpatisan Islamic State. Kini kepolisian setempat mulai aktif mengawasi kegiatan keagamaan TKI lantaran mengkhawatirkan gerakan militan

Indonesien Arbeiter Vorbereitung für Saudi-Arabien (picture-alliance/dpa/M. Irham)

Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong turut menjadi korban radikalisasi oleh kelompok teror Islamic State. Kesimpulan tersebut dipublikasikan Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) di Jakarta, Rabu (26/7). Saat ini sekitar 150.000 TKI bekerja di bekas koloni Inggris itu.

Menurut laporan IPAC, sekelompok kecil tenaga kerja perempuan yang terdiri atas 45 orang telah terjerat radikalis asi "dalam upaya mereka mencari rasa kebersamaan di lingkungan yang asing." Perempuan-perempuan itu terutama "dibujuk oleh pacarnya lewat internet," kata analis IPAC Nava Nuraniyah. "Tapi sebagian bergabung dengan ISIS demi pemberdayaan."

Perang di Suriah dijadikan alat propaganda untuk membangun simpati terhadap gerakan Islamis, tulis IPAC. Sebagai akibatnya sejumlah tenaga kerja Indonesia kedapatan pergi ke Suriah untuk berjihad.

Sebelumnya media-media Hong Kong melaporkan bagaimana simpatisan ISIS membagi-bagikan selebaran berisi propaganda kepada TKI ketika mereka berkumpul di pusat kota setiap hari Sabtu, ketika mereka libur. Salah seorang TKW yang menghilang tahun 2015 silam dilaporkan memberitahu seorang temannya bahwa ia mengikuti ajakan suami ke Suriah, tulis South China Morning Post.

  • Syrien IS    Kämpfer in Raqqa (picture-alliance/AP Photo)

    Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

    Darimana ISIS berasal?

    Islamic State dikenal dengan berbagai nama: IS, ISIL, ISIS dan Daesh. Mereka merupakan sempalan jaringan Al Qaida dengan ideologi Islam yang militan. ISIS lahir setelah invasi pasukan sekutu yang dipimpin Amerika ke Irak pada tahun 2003. Dipimpin oleh Abu Bakar al-Baghdadi, kelompok ini ingin menciptakan negara Islam, atau "khilafah" di Irak, Suriah dan seterusnya.

  • Infografik Gebietsverluste des IS seit Januar 2015 Englisch

    Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

    Dimana ISIS beroperasi?

    ISIS diyakini beroperasi di 18 negara di seluruh dunia. Organisasi ini mengendalikan sejumlah wilayah di Irak dan Suriah. Secara de facto, ibukotanya di Raqqa, Suriah. Namun kelompok ini telah kehilangan lebih dari seperempat dari wilayahnya sejak Januari 2015.

  • Irak Kampf um Mossul gegen den IS (picture-alliance/abaca/H. Huseyin)

    Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

    Siapa yang memeranginya?

    Ada banyak kelompok yang terlibat dalam memerangi sepak terjang ISIS. Amerika Serikat memimpin serangan koalisi internasional yang beranggotakan lebih dari 50 negara, termasuk beberapa negara Arab. Rusia telah melakukan serangan udara dalam mendukung pemerintah Suriah. Pasukan regional, seperti Peshmerga Kurdi (dalam gambar) memerangi ISIS dalam gerakan bawah tanah.

  • Syrien Rojava Öl-Produktion (Getty Images/J. Moore)

    Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

    Bagaimana ISIS mendanai aktivitasnya?

    Salah satu sumber utama pendapatan kelompok itu dari minyak dan gas. ISIS menguasai sekitar sepertiga dari produksi minyak Suriah. Pasukan koalisi yang dipimpin AS sengaja menargetkan sasaran tempur pada aset berharga mereka. Sumber pendapatan lain di antaranya dari pajak, uang tebusan dan penjualan barang antic hasil jarahan.

  • Infografik Karte IS Terroranschläge weltweitet Englisch

    Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

    Dimana saja ISIS melakukan serangan teroris?

    ISIS mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan teroris di seluruh dunia. Teror paling mematikan sampai saat ini adalah bom bunuh diri tahun 2016 di ibukota Irak, Baghdad, di mana lebih dari 200 orang tewas. Pemimpin ISIS mendorong serangan yang disebut "lone wolf" di mana setiap individu yang mendukung ISIS dapat melaksanakan aksi terornya tanpa keterlibatan organisasi.

  • Islamischer Staat (Getty Images/AFP/J. Eid)

    Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

    Apa taktik lain yang digunakan?

    Kelompok ini menggunakan berbagai taktik untuk memperluas kekuasaannya. Milisi ISIS telah menjarah dan menghancurkan artefak bersejarah di Suriah dan Irak dalam upaya "pembersihan budaya". Ribuan perempuan dari kelompok agama minoritas diperbudak. Kelompok ini juga menggunakan media sosial sebagai alat propaganda dan perekrutan.

  • Islamischer Staat (Getty Images/AFP/D. Souleiman)

    Apa dan Siapa 'Islamic State' ( ISIS)?

    Berapa banyak orang telah melarikan diri dari konflik?

    Akibat dari konflik berkepanjangan, sekitar enam juta warga Suriah telah melarikan diri dari tanah air mereka. Mereka mencari perlindungan ke negara-negara tetangga:Libanon, Yordania dan Turki. Namun banyak juga yang mengungsi lebih jauh, yaitu ke Eropa. Akibat kekerasan yang dilakukan ISIS, lebih dari tiga juta warga Irak kehilangan tempat tinggal. Ed: (ap/rzn)


Namun aktivis buruh migran, Eni Lestari, mengatakan pihaknya tidak menyadari adanya gerakan radikalisasi di antara TKI di Hong Kong. "Kami memang banyak mengorganisir aktivitas untuk umat Muslim karena kami beragama Islam. Tapi kami tidak melakukan radikalisasi," katanya kepada kantor berita AFP.

"Saya kira sangat tidak adil jika tenaga kerja domestik Indonesia mendapat cap (radikal)," ujarnya.

Jumlah TKI yang bekerja di Hong Kong berlipatganda dalam 17 tahun terakhir. Sebagai akibatnya k ebutuhan terhadap pengajar agama dan imam masjid juga meningkat. Hampir semua tenaga pengajar didatangkan dari Indonesia.

Kini aktivis buruh migran khawatir penyelenggaran acara relijius akan mengundang pertanyaan polisi. Saat ini pun polisi Hong Kong telah memantau aktivitas keagamaan TKI seperti saat pendidikan tata cara sholat atau cara membaca Al-Quran.

  • Irak / IS / Islamischer Staat / Irakischer Soldat (picture-alliance/dpa)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Islamic State di Irak dan Suriah (ISIS)

    Didirikan 2004 tapi baru terkenal secara global 2014 setelah mengumumkan sepihak berdirinya kekalifahan di kawasan luas Irak dan Suriah. Di bawah pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi, ISIS terkenal lewat teror brutalnya, antara lain pemenggalan kepala para sandera, perbudakan seks perempua n dan penghancuran situs bersejarah.

  • Abu Sayyaf (Getty Images/AFP/R.Gacad)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Abu Sayyaf Group

    Organisasi teror di Flipina ini berbasis di kepulauan Jolo dan Basilan. Didirikan 1991 dimasukan daftar grup teroris AS 1997. Abu Sayyaf bertanggung jawab atas serangan teror sebuah ferry di Filipina (2004) yang menewaskan 116 orang. Grup ini mendapat dana dari tebusan sandera dan perompakan kapal barang. Tujuan utama Abu Sayyaf adalah mendirikan negara Islam merdeka di selatan Filipina.

  • Somalia Al-Shabaab Miliz (Symbolbild) (Stringer/AFP/Getty Images)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Harakat al-Shabaab al-Mijahi deen

    Terkenal sebagai al-Shabaab, organisasi teror ini beroperasi di kawasan Timur Afrika terutama di Somalia dan Kenya. Tahun 2006 Al Shabaab merebut kawasan luas di Somalia termasuk ibukota Mogadishu, tapi 2007 berhasil digempur mundur pasukan Somalia dan Ethiopia. Sejak itu grup beroperasi dari kawasan pedesaan dan melancarkan serangan ke kota. Anggota Al Shabaab ditaksir sekitar 9.000 orang.

  • Pakistan Islamischer Staat Führer Hafiz Saeed (picture-alliance/dpa/TTP)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Tehrik-e Taliban Pakistan

    Taliban di Pakistan sejak 2007 menjalin aliansi dengan sejumlah kelompok radikal lainnya di kawasan perbatasan ke Afghanistan. Kelompok ini tidak memiliki kaitan langsung dengan Taliban di Afghanistan. Grup afliasi Al Qaeda ini terutama menentang pemerin tahan Pakistan serta militernya. Grup ini juga terkenal anti ideologi barat dan sering melancarkan serangan pembunuhan.

  • Nigerianische Rebellen Niger Delta (picture-alliance/AP Photo/G. Osodi)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Jamā’at Ahl as-Sunnah lid-Da’wah wa’l-Jihād

    Kelompok teroris yang didirikan 2002 ini lebih terkenal dengan nama Boko Haram. Terutama beroperasi di Nigeria namun meluaskan aksinya di negara tetangga Chad, Niger dan Kamerun. Boko Haram membunuh sedikitnya 15.000 warga sipil dan menculik 276 gadis Chibok yang memicu kecaman internasional. Grup teroris ini berafiliasi dengan ISIS dan bertujuan menumbangkan pemerintahan Nigeria.

  • Amnesty International Bericht zu Verbrechen in Syrien-Krieg - Kämpfer Al-Nusra-Front (picture-alliance/Al-Nusra Front via AP)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Tahrir al-Sham

    Dulu kelompok teror yang berafiliasi dengan Al Qaeda ini bernama Front Al-Nusra. Pertengahan tahun 2016 kelompok ini menyempal dari Al Qaida dan membentuk aliansi dengan kelompok jihadis militan Sunni lainnya di Suriah dan memakai nama baru Tahrir al-Sham. Grup ini memainkan peranan utama dalam perang saudara di Suriah dan berada di pihak pemberontak yang ingin menumbangkan rezim Bashar al-Assad.

  • Libanon Syrien Israel Hisbollah Trauerfeier in Beirut (J. Eid/AFP/Getty Images)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dun ia

    Hizbullah Libanon

    Organisasi ini adalah partai politik sekaligus kelompok militan bersenjata Syiah. Didirikan 1982 dengan bantuan keuangan dan latihan militer Iran, sebagai reaksi atas invasi Israel ke selatan Libanon. Hizbullah terutama melancarkan serangan atas target Israel, Amerika dan barat. Dalam konflik Suriah, Hizbullah mendukung presiden Bashar al-Assad. Penulis: Cristina Burack (as/yf)


rzn/hp (afp,rtr)

Laporan Pilihan

7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

Pemimpin dunia mengidentifikasi terorisme internasional sebagai ancaman paling serius bagi stabilitas global. Walau kriteria terorisme terus berubah, namun kebrutalan 7 kelompok teror ini membuat ngeri pemimpin dunia. (01.03.2017)

Apa dan Siapa 'Islamic State' (ISIS)?

Islamic State (ISIS) merupakan kelompok sempalan Al Qaida yang meninggalk an jaringan teroris itu, untuk bergerak ke arah yang lebih militan. (15.12.2016)

  • Tanggal 26.07.2017
  • Tema ISIS
  • Kata Kunci TKI, TKW, Hong Kong, Terorisme, Radikalisasi, Islamic State, ISIS, IPAC
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2h9FM
Sumber: DW

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS
TKI di Hong Kong Terjerat Propaganda ISIS
http://www.dw.com/image/19237965_303.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/tki-di-hong-kong-terjerat-propaganda.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/tki-di-hong-kong-terjerat-propaganda.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy