PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara - KOMPAS.com

PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara - KOMPAS.com KURNIASIH BUDI/ KOMPAS.com Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) berkerj...

PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara - KOMPAS.com

Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) berkerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7) menggelar kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Lampung, Juli 2017.KURNIASIH BUDI/ KOMPAS.com Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) berkerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7) menggelar kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Lampung, Juli 2017.

KOMPAS.com â€" PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk ( PGN) berkerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7) menggelar kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Lampung. Kegiatan itu bertujuan untuk menanam kan rasa bangga generasi muda terhadap keberagaman kekayaan nusantara.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72. Sebanyak 23 peserta SMN asal Lampung yang terdiri dari 18 siswa SMA/SMK, dua siswa SLB (Tuna Rungu), dua guru pendamping, dan satu orang perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung akan diajak untuk lebih mengenal daerah lain, yakni Provinsi Banten.

Bentuk kegiatan SMN 2017 berupa pertukaran pelajar antar-provinsi. Kali ini, PGN memfasilitasi pertukaran pelajar asal Lampung ke Banten dan sebaliknya. Pertukaran pelajar mulai dari 19 hingga 28 Juli 2017. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan diselenggarakan di berbagai daerah.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, tahun ini PGN ditunjuk sebagai Koordinator Program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung. Salah satu kegiatannya yaitu Program SMN. Dengan program ini, para siswa sebag ai penerus bangsa diharapkan lebih mencintai bangsa dengan cara mengenal lebih dalam lingkungan dan budaya Indonesia, lewat program pendidikan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga generasi muda Indonesia, bahwa bangsanya memiliki kebegaraman kekayaan nusantara, toleransi antara beragama dan berbudaya . Pada tahun ini, kami fokus melakukannya di Lampung,” kata Jobi pada acara penerimaan siswa SMN asal Banten dan pelepasan SMN asal Lampung di Kantor Gubernur Lampung, Kamis (20/7/2017), seperti rilis yang diterima Kompas.com.

Sepanjang kegiatan ini, para siswa SMN asal Banten akan diajak untuk mengenal lebih dalam tentang budaya Lampung. Rencananya, mereka akan mengunjungi Offtake Station PGN di Labuhan Maringgai, lokasi pengoperasian kapal Floating Storage Regatification Unit (FSRU).

Keberadaan FSRU Lampung sangat strategis karena mampu meningkatkan serapan gas bumi untuk domestik dan mengurangi ekspor gas bumi. Sehingga, meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam bagi perekonomian nasional.

Dari FSRU Lampung, gas mengalir melalui pipa bawah laut menuju ke stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ). Selanjutnya, gas tersebut didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan.

Tujuan utama pembangunan terminal penerima LNG di Lampung ini adalah untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, dan sekitarnya. FSRU Lampung diresmikan pada April 2014.

Para siswa juga akan berkunjung ke Universitas Lampung, Taman Nasional Way Kambas, perkebunan Great Giant Pineapple. Guna mengenal kebudayaan Lampung, para siswa berkesempatan menginap di rumah penduduk di Way Kambas.

Selain itu, siswa dari Banten akan mengunjungi industri kecil keripik pisang serta ke workshop sulam tapis yang ada di Lampung. Kawasan pertambangan batu bara Bukit Asam dan P eternakan Sapi Sidomulyo merupakan lokasi yang pasti dikunjungi siswa.

Program akan ditutup dengan wisata bersama ke Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran, Bandar Lampung. Pantai itu memiliki keindahan tersendiri dengan keunikan, seperti masjid terapung hingga pasir timbul.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) mendukung pertukaran pelajar nusantara dengan tujuan mengenalkan keberagaman budaya nusantara. Medio Juli ini, pelajar Lampung dan Banten akan saling belajar budaya satu sama lain dengan hidup secara langsung di daerah yang berbeda.KURNIASIH BUDI/ KOMPAS.com PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) mendukung pertukaran pelajar nusantara dengan tujuan mengenalkan keberagaman budaya nusantara. Medio Juli ini, pelajar Lampung dan Banten akan saling belajar budaya satu sama lain dengan hidup secara langsung di daerah yang berbeda.

Jobi menambahkan, masih dalam r angkaian memperingati HUT RI ke-72, PGN bersama PTPN VII saat ini juga melaksanakan kegiatan Bedah Rumah Veteran sebanyak 45 unit di empat kabupaten di Provinsi Lampung.

Lampung sendiri menjadi salah satu wilayah operasi PGN dalam menyalurkan energi baik gas bumi. Saat ini, PGN menyalurkan gas bumi ke tiga pembangkit listrik, satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), tiga hotel dan 16 industri. PGN juga membangun jaringan gas rumah tangga di Kota Bandar Lampung sebanyak 10.321 sambungan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa mengenai suatu daerah yang dikunjungi. Kami juga sangat senang dapat lebih mengenalkan gas bumi sebagai energi baik kepada generasi penerus bangsa,” ungkap Jobi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
  • Komitmen PGN untuk Negeri

Berita Terkait

PGN Tambah Satu SPBG di Klender, Jakarta Timur

Bangun Pipa Gas Bumi Duri-Dumai, PGN Incar Konsumen Potensial

PGN Kembali Raih Penghargaan Internasional

Terkini Lainnya

Bank Sinarmas Perluas Akses Kredit UMKM

Bank Sinarmas Perluas Akses Kredit UMKM

Keuangan 20/07/2017, 18:53 WIB Semester I 2017, Permata Bank Raup Laba Rp 621 Miliar

Semester I 2017, Permata Bank Raup Laba Rp 621 Miliar

Keuangan 20/07/2017, 18:46 WIB Ketua OJK Baru:  Efisiensi Jadi Fokus Utama Jangka Pendek

Ketua OJK Baru: Efisiensi Jadi Fokus Utama Jangka Pendek

Keuangan 20/07/2017, 18:42 WIB PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara

PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara

Kilas BUMN 20/07/2017, 18:20 WIB Fitch Pertahankan Peringkat 'Investment Grade' untuk Indonesia

Fitch Pertahankan Peringkat "Investment Grade" untuk Indonesia

Makro 20/07/2017, 18:00 WIB Menteri Susi: Asing Melawan karena Mereka yang Paling Terganggu

Menteri Susi: Asing Melawan karena Mereka yang Paling Terganggu

Makro 20/07/2017, 17:56 WIB Perusahaan-perusahaan Jepang Naikkan Usia Pensiun Jadi 65 Tahun

Perusahaan-perusahaan Jepang Naikkan Usia Pensiun Jadi 65 Tahun

Makro 20/07/2017, 17:30 WIB ADB Ramal Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang di Asia Capai 5,9 Persen

ADB Ramal Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang di Asia Capai 5,9 Persen

Makro 20/07/2017, 17:04 WIB Sempat Tersendat, IHSG Ditutup Menguat 0,3 Persen

Sempat Tersendat, IHSG Ditutup Menguat 0,3 Persen

Makro 20/07/2017, 16:38 WIB OJK Sederhanakan Proses Pencarian Dana Emiten

OJK Sederhanakan Proses Pencarian Dana Emiten

Keuangan 20/07/2017, 16:00 WIB Penjualan Pesawat Tempur F-35 Bikin Laba Lockheed Martin Melesat

Penjualan Pesawat Tempur F-35 Bikin Laba Lockheed Martin Melesat

Bisnis 20/07/2017, 16:00 WIB Relaksasi Ekspor Konsentrat Sebabkan Perusahaan Smelter Gulung Tikar

Relaksasi Ekspor Konsentrat Sebabkan Perusahaan Smelter Gulung Tikar

Makro 20/07/2017, 15:37 WIB Cegah Penyelundupan Narkoba, Bea Cukai Awasi Perairan Indonesia

Cegah Penyelundupan Narkoba, Bea Cukai Awasi Perairan Indonesia

Makro 20/07/2017, 15:05 WIB Makin Populer, Mobile Legends Luncurkan Karakter Hero Lokal GatotKaca < h3>Makin Populer, Mobile Legends Luncurkan Karakter Hero Lokal GatotKaca Rilis 20/07/2017, 15:00 WIB Sri Mulyani Minta Nelayan Ikut Pantau Perairan Indonesia

Sri Mulyani Minta Nelayan Ikut Pantau Perairan Indonesia

Makro 20/07/2017, 14:42 WIB Load MoreSumber: Google News Budaya

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara - KOMPAS.com
PGN Dukung Generasi Muda Mengenal Budaya Nusantara - KOMPAS.com
http://assets.kompas.com/crop/49x60:959x667/750x500/data/photo/2017/07/20/2882767933.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/pgn-dukung-generasi-muda-mengenal.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/pgn-dukung-generasi-muda-mengenal.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy