Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur

Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur Malaysia menunda pembelian jet tempur senilai dua miliar dollar AS ...

Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur

Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur

Malaysia menunda pembelian jet tempur senilai dua miliar dollar AS untuk untuk gantikan armada yang sudah tua. Negara jiran itu lebih fokus pada patroli laut dalam hadapi ancaman teror.

Irak Frankreich Kampfflugzeug (picture-alliance/AP Photo)

Seorang pejabat yang tak ingin namanya disebutkan dalam wawancara khusus dengan kantor berita Reuters, Malaysia tunda pembelian jet tempur yang sedianya ingin digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengawasan udara dalam menghadapi ancaman meningkatnya aksi militansi ISIS.

Sebelumnya Malaysia berencana memperbaharaui jet tempurnya. Negara dengan tingkat perekonomian terbesar ketiga di Asia Tenggara itu selama beberapa tahun telah menimbang-nimbang manfaat jet Rafale Prancis dan Eurof ighter Typhoon, yang dibangun oleh BAE Systems, Inggris -- untuk menggantikan pesawat tempur MiG-29 Rusia.

Pesawat tempur Rafale - yang dibangun oleh Dassault Aviation SA- berpeluang besar, dengan adanya dukungan dari para pejabat kunci di kementerian pertahanan Malaysia.

  • Malaysien Soldaten Militär Raketenwerfer

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Tentara di Tengah Transformasi

    Dibentuk dan dilatih oleh Inggris buat menumpas gerakan separatis, Angkatan Tentera Malaysia sejak 1980an menjalani transformasi untuk menjadi tentara yang profesional dan modern. Militer negeri jiran itu kini memiliki 80.000 personil aktif dan dibekali dengan anggaran pertahanan sebesar 4 miliar Dollar AS per tahun atau sekitar 53 triliun Rupiah.

  • Malaysien Soldaten Militär Panzer

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Pendekar Polandia

    Sebanyak 48 tank tempur utama PT-91 Pendekar buatan Polandia menjadi tulang punggung angkatan darat Malaysia. Semua PT-91 saat ini dioperasikan oleh satuan tempur lapis baja, batalyon 11 Kor Armor DiRaja. Satuan tersebut saat ini terbagi ke dalam 5 batalyon dengan sekitar 250 kendaraan tempur infanteri, AVC-300 buatan Turki.

  • Malaysien Soldaten Militär Hubschrauber Helikopter

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Bantuan dari Langit

    Serupa TNI AD, Tentara Darat Malaysia juga memiliki satuan udara (PUTD) yang dibekali dengan 10 unit helikopter multifungsi Agusta A109 dan 12 helikopter angkut Sikorsky SH-3 Sea King. Satuan ini bertugas mengumpulkan informasi, memberikan bantuan tempur dan mengang kut personil gerak cepat.

  • Malaysien Soldaten Militär Kampfjets

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Modern di Udara

    Tentara Udara Diraja Malaysia saat ini terbagi dalam dua divisi dengan dengan 56 jet tempur buatan Rusia dan AS. Baru-baru ini Malaysia memesan empat unit pesawat angkut militer teranyar Airbus A400M dan bakal merombak armada udaranya dengan jet tempur generasi terbaru, Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, F18 Super Hornet atau Saab JAS 39 Gripen dengan nilai pembelian sebesar 2,46 miliar USD

  • Malaysien Soldaten Militär Kriegsschiff

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Tumpul di Laut

    Tentera Laut DiRaja Malaysia berada di garda terdepan dalam konflik di Laut Cina Selatan. Tapi untuk tugas berat tersebut TLDM cuma diperkuat dengan 2 kapal fregat kelas Lekiu, dua kapal selam kelas Scorpène dan 6 kapal patroli kelas Kedah buatan Jerman dengan teknologi teranyar, tapi dengan persenjataan minim. Baru-baru ini Malaysia berniat memesan 6 kapal patroli tambahan dari Jerman

  • Malaysien Soldaten Militär

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Tentara Masa Depan

    Pemerintah Kuala Lumpur saat ini sedang menjalankan program Future Soldier System buat modernisasi personil militer. Nantinya setiap serdadu akan dibekali dengan helm dan rompi anti peluru, kacamata pelindung, dan perlengkapan untuk melihat di malam hari. Selain itu pasukan infanteri juga bakal dipersenjatai dengan senapan otomatis generasi teranyar buatan AS.

  • Malaysia Straße von Malakka Küstenwache

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Bajak Laut dan Cina

    Angkatan laut Malaysia sejauh ini banyak berurusan dengan operasi anti bajak laut di selat Malaka. Armada yang tersebar di enam pangkalan laut di selat Malaka misalnya didominasi oleh kapal patroli dan kapal cepat milik pasukan penjaga pantai. Sementara kapal korvet dan kapal selam Malaysia ditempatkan di pangakalan laut Teluk Sepanggar di utara Borneo, buat mengamankan Laut Cina Selatan.

  • Somalien Rebellen Black Hawk Down

    Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

    Minim Pengalaman

    Selain mengawal misi damai PBB, militer Malaysia tidak banyak mengantongi pengalaman bertempur. Insiden terbesar yang melibatkan Malaysia adalah pertempuran Mogadishu, saat pemberontak Somalia menyerbu pasukan elit AS yang diabadikan dalam fil m Black Hawk Down. Pasukan PBB yang ditugaskan menyelamatakan tentara AS yang disandera, kehilangan beberapa serdadu, termasuk seorang prajurit Malaysia

    Penulis: Rizki Nugraha (dari berbagai sumber)


Tapi Malaysia telah menunda rencana tersebut untuk saat ini meski meningkatkan kebutuhan pengawasan udara guna mengantisipasi ancaman kelompok-kelompok militan.Keputusan tersebut diambil ketika kelompok miltan Islam terus berperang melawan pasukan keamanan di Marawi di Filipina selatan.

Malaysia dan Indonesia, yang berbagi pulau Kalimantan, bekerja sama dengan Filipina untuk melakukan patroli udara dan maritim di sepanjang perbatasan bersama mereka di Laut Sulu. "Namun, dalam situasi saat ini, Malaysia lebih fokus pada patroli maritim ketimbang pertarungan di udara." Lebih dari 400 orang tewas dalam pertempuran di Marawi, Filipina yang dikuasai militan Islamis sejak 23 Mei lalu.

ap/rzn(reuters)

  • China Kampfflugzeug J-20 (Reuters/China Daily)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    Chengdu J-20

    Dikembangkan sejak tahun 1990 di bawah kode sandi J-XX, Chengdu J-20 pertama kali melangit tahun 2011. Menurut rencana jet tempur siluman ini akan mulai diproduksi antara 2017-2019. Desain J-20 banyak meniru pesaingnya dari AS, yakni F-22 Raptor. Namun menurut berbagai pakar kedirgantaraan, kelemahan terbesar J-20 dibanding F-22 terletak pada bagian mesin.

  • China Militär Kampfflugzeug J-31 Tarnkappenbomber Guying (Reuters)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    Shenyang J-31

    Jet besi berjuluk Falcon Hawk ini merupakan pesawat tempur multi guna bermesin ganda yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft. Bersamaan dengan J-31, Cina kini menjadi negara kedua yang memiliki dua jenis pesawat tempur siluman setelah Amerika Serikat. J-31 dikembangkan sebagai pesawat angkatan laut dengan daya jelajah tempur sejauh 1300km.

  • US Kampfjets fliegen Angriffe gegen IS in Syrien Archiv August 2014 (picture-alliance/DOD/US Air Force)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    F-22 Raptor

    Pesawat yang dikembangkan oleh Lockheed Martin ini merupakan ambisi AS mempertahankan kedigdayaan di langit. Hingga kini F-22 menjadi tolak ukur untuk semua pesawat tempur generasi kelima. Kendati memiliki segudang keunggulan, ongkos produksi F-22 yang mahal memaksa pemerintah AS membatasi pemesanan. AS saat ini telah mengoperasikan 195 pesawat F-22 yang terbagi dalam 15 skuadron tempur.

  • Farnborough International Airshow 2014 ARCHIV F-35A Lightning II Joint Strike Fighter (Reuters)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    F-35A Lightning II

    Berbeda dengan F-22, F35A didesain dengan harga jual yang lebih terjangkau. Sebanyak 11 negara ikut berpartisipasi mengembangkan jet tempur siluman bermesin tunggal ini. Namun karena jumlah pemesanan yang tinggi (hingga 2.400 unit), F35A tercatat sebagai proyek alutsista termahal dalam sejarah. Pesawat buatan Lockheed Martin ini banyak mengundang kritik seputar desain dan kemampuan terbangnya

  • Russland Stealth-Kampfjet T-50 (Getty Images/AFP/D. Kostyukov)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    Sukhoi T-50

    Diusulkan sejak dekade 1980an, pengembangan T-50 sempat terhenti menyusul runtuhnya Uni Sovyet. Rusia menargetkan T-50 sudah bisa diproduksi paling lambat awal 2017 dan diekspor secepatnya tahun 2025. Pesawat siluman bermesin ganda ini pertamakali melakoni ujicoba tahun 2010 silam. T-50 memiliki usia pakai hingga 35 tahun, atau lima tahun lebih lama ketimbang F-22

  • Tarnkappenbomber (picture-alliance/dpa)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    B-2 Spirit

    Pesawat pembom siluman ini adalah warisan perang dingin yang masih dipakai hingga kini. Konsepnya didesain untuk mampu memasuki ruang udara Uni Sovyet buat menghancurkan target bernilai tinggi tanpa terdeteksi radar. Namun dari rencana pembelian awal yang mencapai 132 unit, militer AS cuma membeli 20 unit yang masih akan dioperasikan hingga 2058.

  • Stealth Fighter Farewell (AP)

    Era Baru Jet Tempur Siluman

    F-117A Nighthawk

    F-117 adalah pesawat siluman pertama yang beroperasi secara penuh. Kendati bergelar pesawat tempur multiguna, F-117 lebih menyerupai pesawat serbu untuk menyokong pasukan darat. Pesawat ini pertamakali digunakan pada Perang Irak 1991 dan kemudian Perang Yugoslavia. Sebanyak 64 unit F-117 pernah diproduksi. Tahun 2008 silam militer AS secara resmi memensiunkan semua armada F-117.


Laporan Pilihan

Rahasia Kekuatan Militer Malaysia

Sejak dekade 1980an Angkatan Tentera Malaysia mengalami transformasi menjadi kekuatan tempur yang modern dan profesional dengan sistem alutsista teranyar. Tapi seberapa besar kekuatan militer negeri jiran itu? (04.05.2016)

Era Baru Jet Tempur Siluman

Amerika Serikat telah memulai, kini Cina dan Rusi a pun ikut menggenjot pengembangan teknologi siluman untuk pertahanan udara. Inilah sejumlah jet tempur siluman yang bakal beradu tangkas di langit. (01.11.2016)

  • Tanggal 13.07.2017
  • Tema ISIS
  • Kata Kunci jet tempur, pesawat, tempur, isis, teror, ancaman, malaysia
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2gT4h
Sumber: DW

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur
Malaysia Tunda Beli Pesawat Tempur
http://www.dw.com/image/18337123_303.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/malaysia-tunda-beli-pesawat-tempur.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/malaysia-tunda-beli-pesawat-tempur.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy