Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia

Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia Presiden Trump la...

Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia

Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia

Presiden Trump lagi-lagi gagal dengan upayanya mempererat hubungan dengan Rusia dan Presiden Putin. DPR AS loloskan RUU yang memuat sanksi baru terhadap Rusia, Iran dan Korea Utara.

Deutschland Trump trifft Putin (picture alliance/dpa/AP/E. Vucci)

Rancangan Undang-Undang (RUU) yang diajukan ke Dewan Perwakilan AS itu hari Selasa (25/7) diterima hampir dengan suara bulat. Hampir semua anggota dewan dari Demokrat dan Partai Republik juga menyetujuinya, suatu situasi yang sangat jarang terjadi.. Ada 419 suara setuju dan hanya 3 suara tidak setuju.

Menurut RUU baru itu, Presiden Donald Trump harus memintza persetujuan kongres lebih duklu, jika ingin melonggarkan sanksi terha dap Rusia yang sudah diberlakukan sejak masa kepresidenan Barack Obama. Padahal Trump sebenarnya ingin menjalin hubungan lebih erat lagi dengan Rusia dan Presiden Putin.

RUU ini masih harus disetujui oleh Senat dan Presiden Trump. Senat kemungkinan besar meloloskannya, sehingga Trump akan berada di bawah tekanan untuk segera menandatanganinya.

USA Abgeordneter Paul Ryan (picture-alliance/AP Photo/J. S. Applewhite)

Jurubicara DPR AS Paul Ryan

Makin banyaknya berita tentang kedekatan tim kampanye Trump dengan Rusia tampaknya menjadi alasan bagi banyak anggota dewan dari Partai Republik meloloskan RUU ini.

Salah satu elemen dari RUU ini adalah pembatasan wewenang presiden untuk mengeluarkan atau mencabut sanksi terhadap Rusia. Untuk melakukan itu, presiden perlu mendapat persetujuan dari DPR lebih dulu.

Pemerintahan Trump menentang RUU tersebut dengan a lasan, hal itu akan mengganggu otoritas eksekutif dan mengikat tangannya dalam melakukan kebijakan luar negeri. Trump sendiri belum mengatakan, apakah dia nantinya akan memveto RUU tersebut.

Tonton video 00:38

Gedung Putih menyatakan bahwa mereka mendukung sanksi keras terhadap Rusia, Iran dan Korea Utara, namun ingin melihat lebih dulu perkembangan di Senat.

Paket sanksi baru terhadap Rusia antara lain menargetkan sektor energi. Perusahaan AS dilarang untuk membiayai dan mengerjakan beberapa proyek energi Rusia.

Rusia segera bereaksi dan memperingatkan, sanksi baru itu akan berdampak pada hubungan AS-Rusia.

"Kami menganggap ini adalah retorika sanksi yang kontraproduktif dan berbahaya bagi kepentingan kedua negara," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

RUU yang baru juga menetapkan sanksi terhadap Iran, yang dianggap masih "mendestabilkan" Timur Tengah. Iran menolak sanksi yang baru dan menyatakan bahwa s anksi-sankksi itu melanggar perjanjian nuklir internasional.

Korea Utara juga akan mendapat sanksi lebih lanjut karena program nuklir dan misilnya. Namun senat lebih memilih untuk memisahkan sanksi terhadap Korea Utara dari sanksi terhadap Iran dan Rusia dan mengaturnya dalam UU lain.

  • Nordkorea Militärparade (Getty Images/AFP/E. Jones)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Jumlah Tentara Sangat Besar

    Dengan jumlah tentara reguler 700.000 orang, dan hampir 4,5 juta tentara cadangan, hampir seperlima rakyat Kore Utara berbakti dalam militer. Semua pria di negara komunis itu wajib mengikuti pendidikan militer dalam bentuk apapun. Dengan demikian, militer Korea Utara dari segi jumlah dua kali lebih besar daripada Korea Selatan.

  • Nordkorea / Kim Jong Un / Militärs (picture-alliance/dpa)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Alutsista Banyak

    Menurut Global Firepower Index 2017, Korea Utara punya banyak alat utama sistem pertahanan berupa 76 kapal selam, 5.025 panser, serta 458 jet tempur. Foto dari 2013 ini menunjukkan pemimpin Kim Jong Un di pusat komando militer. Dari tempat ini ia bisa memerintahkan persiapan peluncuran roket yang sebagian bisa dimuati hulu ledak nuklir, untuk menyerang AS dan Korea Selatan.

  • Nordkorea Militär Parade Panzer (picture-alliance/dpa/KCNA)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Pamer Persenjataan

    Tiap tahun, rezim Korea Utara mamamerkan kekuatan militernya lewat parade di ibukota Pyongyang. Jadwal penyelengg araan pamer senjata seperti ini biasanya jatuh pada hari peringatan penting di negara komunis itu, atau bertepatan dengan perayaan penting di keluarga Kim.

  • Nordkorea Raketentest Hwasong-14 (Getty Images/AFP/KCNA)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Peluru Kendali Balistik Antar Benua

    AS mengkonfirmasi uji coba peluru kendali balistik antar benua (ICBM) terbaru oleh Korea Utara sukses. Keberhasilan ini adalah "eskalasi dan ancaman baru bagi AS, sekutunya dan dunia," begitu dinyatakan Menlu AS Rex Tillerson. Roket tipe Hwasong-14 mampu "mencapai sasaran manapun di dunia". Demikian laporan kantor berita Korea Utara, KCNA.

  • Nordkorea Diktator Kim Jong-un    (picture-alliance/dpa/KCNA)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Uji Coba Nuklir Dilanjutkan

    Walaupun dunia internasional menjatuhkan sanksi berat, Korea Utara melanjutkan program nuklirnya. Hingga sekarang sudah dilakukan lima kali uji coba nuklir. Tahun 2016 saja dialkukan dua kali. Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min Koo menilai kemungkinannya besar, Korea Utara dalam waktu dekat akan menguji senjata nuklir untuk ke enam kalinya.

  • Nordkorea Raketentest (Reuters/K. Hong-Ji)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Ancaman bagi Perdamaian Dunia

    Hanya Cina dan Rusia yang bisa terhitung sekutu Korea Utara. Rezim itu melihat apa yang mereka sebut "kekuatan imperialis AS" sebagai musuh utama, disusul Jepang dan Korea Selatan. Korea Utara terutama memberi reaksi tajam terhadap l atihan militer tahunan yang diadakan AS dan Korea Selatan.

  • USS Carl Vinson (picture-alliance/Zumapress/M. Brown)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Akhir Kesabaran?

    Setelah Korea Utara melakukan tes peluru kendali balistik antar benua, tampaknya AS sudah habis kesabaran. Presiden AS Donald Trump akan membicarakan solusi dengan sekutunya, sebagai pembicaraan sampingan dalam KTT G20 di Hamburg. Cina dan Rusia terutama berusaha mencegah AS melancarkan serangan pertama terhadap Korea Utara. Ed: H. Gui/A. Grunau (ml/as)


hp/rn (afp, ap, rtr)

Laporan Pilihan

Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

Korea Utara punya tentara dalam jumlah besar. Ditambah lagi, negara komunis itu terus menambah dan meningkatkan persenjataanny a termasuk senjata nuklir. (06.07.2017)

  • Tanggal 26.07.2017
  • Tema Fukushima, Korea Utara, Putin, Vladimir, Rusia , Trump, Donald
  • Kata Kunci Trump, Amerika Serikat, AS, Rusia, Putin, sanksi, Korea Utara, peluru kendali, misil, nuklir
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2h9gF
Sumber: DW

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia
Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia
http://www.dw.com/image/39834744_303.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/lawan-trump-dpr-as-putuskan-ruu-sanksi.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/lawan-trump-dpr-as-putuskan-ruu-sanksi.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy