Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis

Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis Pemerintah Fili...

Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis

Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis

Pemerintah Filipina membatalkan perundingan damai dengan pemberontak Komunis di Mindanao setelah lima pasukan pengaman presiden ditembak oleh sebuah kelompok bersenjata.

Philippinen New People's Army (Getty Images/AFP)

Gerilayawan komunis Filipina, New People's Army

Perundingan damai antara Filipina dan pemberontak Komunis di selatan terancam gagal setelah lima anggota pasukan pengaman presiden ditembak oleh sekelompok gerilayawan di Mindanao. Duterte sendiri dikabarkan tidak sedang berada di dalam konvoi kendaraan kepresidenan ketika insiden tersebut terjadi.

"Presiden memerintahkan untuk tidak melanjutkan perundingan damai kecuali pemberontak merah bersedia menghentikan serangan terhadap pasukan pemerintah di Mindanao," tulis Kantor Kepresidenan dalam pernyataan pers di Manila, Rabu (19/7).

Partai Komunis FIlipina (CPP) sejakbeberapa tahun melangsungkan perundingan damai dengan pemerintah. Ketegangan banyak berkurang sejak kemenangan Duterte yang mengaku berideologi sosialis pada pemilu silam. Sejak itu kedua pihak menyepakati gencatan senjata tanpa batas waktu.

  • Philippinen Opfer einer Schießerei mit der Polizei in Manila (Getty Images/D. Tawatao)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Perang Kolektif Filipina

    Presiden Rodrigo Duterte tidak berkelakar saat menyerukan warga sipil agar ikut membunuh pengedar dan pecandu narkoba. "Lakukan sendiri jika anda punya senjata. Anda mendapat dukungan penuh dari saya," tukasnya. Hasilnya Fi lipina mengalami glombang pembunuhan ekstra yudisial yang hingga kini telah menelan 3.600 korban jiwa. Dalam proyek berdarah itu, warga sipil sering berada di garda terdepan.

  • Philippinen Opfer einer Schießerei mit der Polizei in Manila (Getty Images/D. Tawatao)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Hantu dari Davao City

    Duterte banyak berkaca pada kebijakan berdarahnya melawan tindak kriminalitas selama menjabat sebagai walikota Davao City. Berulangkali ia sesumbar betapa kota berpenduduk terbanyak ketiga di Filipina itu kini menjadi salah satu kota teraman di dunia berkat kepemimpinannya. Klaim tersebut dipatahkan oleh berbagai data statistik kriminalitas. Namun Duterte tetap bersikukuh.

  • Philippinen Opfer einer Schießerei mit der Polizei in Manila (Getty Images/D. Tawatao)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Halal Darah Pecandu

    Kini tidak terhitung jumlah warga sipil Filipina yang bekerja sebagai pembunuh bayaran. Setiap nyawa dihargai 430 Dollar AS atau sekitar 5,5 juta Rupiah. Biasanya pembunuh meninggalkan karton bertuliskan "bandar narkoba" pada tubuh korban. Menurut data kepolisian, saat ini sudah sekitar 2.200 terduga bandar atau pengguna narkoba tewas oleh pembunuh bayaran. Jumlahnya diyakini akan terus meningkat.

  • Philippinen Polizisten in Aktion (Getty Images/D. Tawatao)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Ancam dan Dikecam

    Kendati mengundang kecaman dunia, Duterte mendapat dukungan warga Filipina. Menurut jajak p endapat Pulse Asia, sebanyak 86% penduduk merasa puas atas kinerja sang presiden. Cuma tiga persen yang menanggap sebaliknya. Padahal Duterte mengancam akan memberlakukan hukum perang setelah dikritik oleh Mahkamah Agung dan mengingatkan jurnalis bahwa mereka tidak kebal terhadap pembunuhan

  • Philippinen Manila Aussage Edgar Matobato (picture-alliance/dpa/M. R. Cristino)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Kesaksian Edgar

    Jejak berdarah Duterte bisa ditelusuri hingga ke Davao City. Di sana pun ia membentuk skuad pembunuh yang terdiri atas preman, bekas narapidana, polisi dan pembunuh profesional. Salah seorang diantaranya baru-baru ini memberikan kesaksian di senat Filipina. Edgar Matobato mengklaim Duterte bahkan menembak mati pegawai Departemen Kehakiman karena menghalangi misi pembunuhan.

  • Philippinen festgenommene Drogendealer (Getty Images/D. Tawatao)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Maut di Akar Rumput

    Untuk menyusun daftar sasaran kepolisian Filipina banyak mengandalkan peran administrasi desa atau Barangay. Mereka ditekan untuk menyerahkan nama-nama penduduk yang diduga mengkonsumsi atau menjual narkoba. Kepala Barangay yang tidak memberikan daftar mati dianggap terlibat bisnis narkoba dan terancam ikut dibunuh.

  • Philippinen Begräbnis erschossener Drogendealer (Getty Images/D. Tawatao)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Rawan Penyalahgunaan

    Biasanya daftar mati disusun oleh sebuah komite Barangay yang terdiri atas penduduk biasa. Namun k elompok HAM mengkhawatirkan sistem tersebut rawan penyelewengan. "Sistemnya sangat kondusif untuk mereka yang menyimpan dendam dan dipersenjatai untuk membunuhmu," ujar Komisioner di Komisi HAM Filipina, Karen Gomez-Dumpit.

  • Philippinen Anhörung im Senat Angehörige von getöteten Drogensüchtigen (Reuters/E. De Castro)

    Musim Panen Jagal Narkoba

    Keadilan Semu

    Buat banyak keluarga korban, mencari keadilan buat anggotanya yang terbunuh merupakan hal yang mustahil. Kebanyakan korban merupakan bandar kecil-kecilan, pecandu atau pesuruh yang berasal dari keluarga miskin. Mereka juga terancam mengalami presekusi atau dikucilkan dari masyarakat.


Duterte kemudian membekukan perundingan damai Mei lalu setelah pemberontak Komunis menyerukan peningkatan serangan menyusul pemberlakuan status darurat militer di Mindanao.

Namun Selasa (18/7) ia memerintahkan negosiatornya untuk bertemu kelompok pemberontak di Eropa dalam sebuah pertemuan informal, klaim penasehat perdamaian Filipina Jesus Dureza kepada stasiun televisi ABS-CBN. Kini rencana tersebut dibatalkan. "Situasi yang diperlukan buat melangsungkan perundingan damai yang efektif belum tercipta saat ini," katanya.

Pemberontakan Komunis di Filipina sudah berkecamuk sejak 1968 dan sejauh ini diperkirakan telah menelan 30.000 korban jiwa. Partai Komunis Filipina (CPP) memiliki sayap bersenjata New People's Army yang beranggotakan 4.000 serdadu dan diduga bertanggungjawab atas insiden penembakan pasukan pengaman presiden di Mindanao.

  • Thema Rebellen auf den Philippinen ARCHIVBILD 30.07.   2013 (Mark Navales/AFP/Getty Images)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Mindanao Mengangkat Senjata

    Pulau Mindanao yang didominasi kaum muslim adalah daerah bermasalah di FIlipina. Sejak beberapa dekade kawasan ini didera perang saudara yang dipicu oleh tindakan pemerintah merampas tanah rakyat tanpa ganti rugi sepadan. Sejak itu berbagai kelompok Islamis bersenjata merongrong Manila demi status otonomi khusus. Berikut daftarnya.

  • Philippinen Rebellen Moro National Liberation Front (picture-alliance/AP Photo/N. Butlangan)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Moro National Liberation Front (MNLF)

    MNLF yang berkekuatan 5000 gerilayawan adalah kelompok pemberontak paling tua di Mindanao. Sejak 1970 kelompok ini menuntut kemerdekaan dan pembe ntukan negara Islam bernama Republik Bangsamoro. Saat ini MNLF berada dalam perundingan damai dengan pemerintah pusat dan bahkan menjanjikan dukungan kepada Presiden Rodrigo Duterte untuk menumpas geliat Islamic State di Filipina.

  • Philippinen Friedensvertrag Moro Rebellen 27.03.2014 (Reuters)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Moro Islamic Liberation Front (MILF)

    MILF didirikan pada 1977 sebagai organisasi radikal pecahan MNLF. Ketika MNLF menerima tawaran otonomi terbatas pada dekade 1980an, MILF menolak bekerjasama. Dengan jumlah gerilayawan mencapai 10.000 orang, MILF adalah kelompok separatis muslim paling besar di Filipina. Saat ini pun organisasi yang mengaku berideologi Demokrasi Islam ini berunding dengan Presiden Duterte, meski tanpa hasil jelas.

  • Philippinen Neue Volksarmee (NPA) (Getty Images/AFP/AFP)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    New People's Army (NPA)

    NPA adalah sayap militer Partai Komunis Filipina. Kelompok ini mengaku memiliki 10.000 orang gerilayawan, tapi hanya sebagian kecil yang aktif bertempur di Mindanao. Perjuangan NPA berkisar pada pembagian lahan untuk petani. Mereka terutama mengincar polisi atau tentara. Serupa dengan organisasi lain, NPA sedang melakoni perundingan damai dengan pemerintah.

  • Abu Sayyaf (Getty Images/AFP/R.Gacad)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Jemaat Abu Sayyaf (ASG)

    Abu Sayyaf adalah pecahan MNLF yang didirikan pada 1991. Mereka terdiri atas beberapa kelompok yang beroperasi secara otonom. Ab u Sayyaf terutama dikenal lewat aksi penculikan dan penyanderaan warga asing buat meminta uang tebusan. Saat ini ASG diyakini sedang terpecah lantaran kemunculan kelompok yang menyatakan setia pada Islamic State.

  • Phillippinen Anti-Terrorkampf (picture-alliance/dpa/M.R. Costa)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Ansar al-Khalifa Philippines (AKP)

    Salah satu dari empat kelompok jihadis yang menyatakan setia pada Islamic State adalah AKP alias Ansar al-Khalifa. Serupa Abu Sayyaf, mereka adalah pecahan MILF dan hanya memiliki 50 pejuang yang fanatik. AKP tercatat memiliki kamp pelatihan di Indonesia dan Malaysia. Pemimpinnya, Mohammad Jaafar Maguid, ditembak mati pada Januari 2017 silam.

  • Philippinen Armee Moro islamische Befreiungsfront (AP)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Bangsamoro Islamic Freedom Fighters (BIFF)

    BIFF dulunya juga sekelompok pejuang yang memisahkan diri dari MILF lantaran menolak perundingan damai di Mindanao. Meski mengaku mempunyai 5.000 pejuang, BIFF menurut perkiraan pemerintah cuma diperkuat oleh 150 gerilayawan. Serupa dengan Abu Sayyaf dan AKP, BIFF mendeklarasikan kesetiaan pada Islamic State.

  • Philippinen Armee Anti Maute Terror Operation (picture-alliance/AA/L. Boras)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Grup Maute

    Kelompok ini menamakan diri sesuai nama pendirinya, Abdullah dan Omar Maute, dan telah bergabung dengan ISIS sejak 2015. Maute yang menyebut diri sebagai "Negara Islam L anao" merupakan gabungan antara pemberontak MILF dan jihadis dari luar negeri. Mereka bertanggungjawab atas serangan berdarah di kota Butig dan Marawi.

  • Philippinen Soldat mit Steckbrief eines Abu Sayyaf-Mitglieds (Reuters/M. B. Navales)

    Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

    Isnilon Hapilon, Sang Pangeran Teror

    Pada April 2016 Islamic State menunjuk Isnilon Hapilon sebagai "Emir" bagi semua gerilayawan ISIS di FIlipina. Ulama berusia 51 tahun ini sejak lama berada dalam daftar pencarian FBI. Nyawanya dihargai sebesar lima juta Dollar AS. Hapilon bertugas menyatukan semua kelompok pecahan yang setia pada ISIS.


rzn/hp (afp,inquirer)

Laporan Pilihan

Daftar Kelompok Separatis Muslim di Filipina

Filipina yang mayoritas Katholik kelimpungan didera konflik bersenjata dengan kelompok separatis muslim. Mereka menuntut otonomi khusus atau kemerdekaan untuk membentuk negara Islam ala Islamic State. Inilah daftarnya. (02.06.2017)

Musim Panen Jagal Narkoba

Perang narkoba yang dilancarkan Presiden Filipina Duterte tidak cuma mencoreng wajah kepolisian, tapi juga mengubah warga biasa menjadi pembunuh bayaran. Inilah potret kejahatan kolektif sebuah bangsa (14.10.2016)

  • Tanggal 20.07.2017
  • Kata Kunci Filipina, Mindanao, Partai Komunis FIlipina, CPP, NPA, Pemberontakan, Separatisme, Rodrigo Duterte
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2gqaQ
Sumber: DW

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis
Filipina Batalkan Negosiasi Damai Dengan Pemberontak Komunis
http://www.dw.com/image/19356617_303.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/filipina-batalkan-negosiasi-damai.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/filipina-batalkan-negosiasi-damai.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy