Cara Google Mendominasi Kue Iklan

Cara Google Mendominasi Kue Iklan tirto.id - Perusahaan atau institusi umumnya memiliki alokasi biaya untuk iklan. Sebelum memasuki era di...

Cara Google Mendominasi Kue Iklan

tirto.id - Perusahaan atau institusi umumnya memiliki alokasi biaya untuk iklan. Sebelum memasuki era digital, kue iklan adalah milik perusahaan media, koran, tabloid, majalah, radio, dan televisi. Iklan juga hadir di pinggir jalanan perkotaan dalam bentuk spanduk, umbul-umbul, atau papan iklan.
Memasuki era digital, kue iklan terbagi lagi. Para pengiklan bisa mempromosikan produk, jasa, atau layanannya lewat media sosial, media online, hingga di mesin pencari. Semakin tinggi penetrasi internet, semakin maksimal iklan digital yang diraih.
Google sebagai mesin pencari hadir sejak 1998 dari tangan dua mahasiswa PhD Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin. Menjelang akhir 1999, Google mulai menguji sebuah program untuk menjual iklan berdasarkan cost per thousand (CPM). CPM menjadi model iklan yang cukup dominan kala itu. Jika sebuah situs web mematok tarif $10 CPM, artinya si peng iklan harus membayar $10 untuk setiap 1.000 tayangan iklan.
Tak seperti iklan kebanyakan yang menggunakan banner saat itu, format iklan di Google hanya menggunakan teks yang tidak mencolok. Google menargetkan iklan berdasarkan kata kunci penelusuran dan memisahkannya dari hasil pencarian utama. Namun, Sergey menyadari bahwa model iklan seperti itu tak menghasilkan banyak uang. Pada Oktober 2000, Google pertama kali memperkenalkan AdWords.
  • Baca juga: Belajar di Kelas Google

“Punya kartu kredit dan waktu lima menit? Temukan iklan Anda di Google hari ini!” begitu pengumuman yang diletakkan Google di laman utamanya.
Pada 2001, pendapatan iklan Google hanya $70 juta. Setahun kemudian, pendapatan iklannya meningkat hingga $410 juta.
Cara Google Mendominasi Kue Iklan
Pada Februari 2002, Google memperkenalkan versi terbaru dari AdWords yang mengadopsi model pay-per-click. Pengiklan yang menentukan berapa ia bisa membayar untuk setiap klik. Semakin tinggi bayarannya, semakin ia diprioritaskan.
Google kemudian menyadari ada masalah dalam pendekatan itu. Apabila pengiklan menawar cukup tinggi untuk iklan yang tak relevan, dan tak satupun orang mengklik iklan itu, maka tak ada yang mendapatkan keuntungan dari iklan yang tak relevan itu. Google lalu memperkenalkan pendekatan baru bernama clicktrough rate, ia mengukur relevansi iklan dan algoritma peringkat. Jadi, jika iklan dengan tawaran harga per klik lebih rendah tetapi diklik lebih sering, maka peringkat akan lebih tinggi.
Hasilnya, iklan dengan tawaran harga yang lebih rendah tetapi memiliki lebih banyak klik menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi Google daripada iklan dengan tawaran harga lebih tinggi tapi hanya mendapat sedikit klik. Model yang sama masih digunakan Goog le sampai saat ini. Sejak 2001 hingga sampai saat ini, pendapatan iklan Google terus naik tak pernah turun. Saat krisis melanda Amerika dan dunia pada 2008, pendapatan iklan Google tercatat masih meningkat dari $16,41 miliar pada 2007 menjadi $21,13 miliar pada 2008. Berdasarkan laporan keuangan induk Google, Alphabet, pendapatan iklan Google mencapai $79,38 miliar tahun lalu.
Google menjadi raksasa yang memakan kue iklan paling besar setiap tahunnya, setidaknya sejak 2013. Pada 2013 itu, total pertumbuhan pengeluaran iklan global mencapai $15,6 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun itu, Google meraup pendapatan iklan $6,9 miliar, sekitar 44 persen dari total pertumbuhan biaya iklan global.
Pada 2014, kenaikan pengeluaran iklan global meningkat menjadi $20,7 miliar. Saat itu, 44 persennya juga masuk ke kantong Google. Pada 2015, porsinya sedikit turun menjadi hanya 41 persen. Namun, pada 2016, porsi iklan yang diraup Google naik lagi menjadi 44 persen.
Dalam klasifikasi iklan digital, Google juga menjadi yang paling besar. Menurut data eMarketer , tahun ini, Google menguasai 33 persen pasar iklan digital, sementara Facebook hanya 16 persen. Sisanya, terbagi ke platform-platform lainnya.
  • Baca juga: Sulitnya Mengejar Pajak Google
Tak seperti 17 tahun lalu, saat ini, pendapatan iklan Google tak hanya berasal dari laman pencarian Google saja, tetapi juga dari anak usahanya, seperti YouTube. Pendapatan iklan Google akan terus bertumbuh. Pada 2018, Google diprediksi mampu meraup lebih dari $100 miliar dari iklan. Ia menjadi raja baru dalam menyerap kue iklan, yang harus diwaspadai oleh media-media lain yang selama ini hidup dari iklan.
Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Wan Ulfa Nur Zuhra
(tirto.id - wan/dra)

Keyword

google iklan google pendapatan iklan google bisnis hard news

REKOMENDASI

  • Cara-Cara Anak Sekolah Berbuat Curang di Era Digital

    Cara-Cara Anak Sekolah Berbuat Curang di Era Digital

  • Proyek Tango Google dan Perlombaan Teknologi Masa Depan

    Proyek Tango Google dan Perlombaan Teknologi Masa Depan

  • Strategi Digital Provider Telekomunikasi

    Strategi Digital Provider Telekomunikasi

  • Cara Google Menyempurnakan Diri dengan Google Doodle

    Cara Google Menyempurnakan Diri dengan Google Doodle

KONTEN MENARIK LAINNYA

  • Salah Kaprah Soal Kualitas dan Beras Oplosan

    Salah Kaprah Soal Kualitas dan Beras Oplosan

  • Pertarungan Grab VS Uber di Asia Tenggara Kian Panas

    Pertarungan Grab VS Uber di Asia Tenggara Kian Panas

BACA JUGA

  • Izin Freeport Dicabut Jika Tak Bangun Smelter dalam 5 Tahun

    Izin Freeport Dicabut Jika Tak Bangun Smelter dalam 5 Tahun

  • ESDM: Perpanjangan Kontrak Freeport 2031 Masih Tunggu IUPK

    ESDM: Perpanjangan Kontrak Freeport 2 031 Masih Tunggu IUPK

Sumber: Tirto

COMMENTS

Nama

Berita,163,Budaya,10,Ekonomi,19,Hankam,5,Informasi,9,Kesehatan,3,Olahraga,159,Opini,61,Pendidikan,23,Politik,1943,Sosial,3,Teknologi,160,Tokoh,5,
ltr
item
Obor Rakyat: Cara Google Mendominasi Kue Iklan
Cara Google Mendominasi Kue Iklan
https://mmc.tirto.id/image/otf/860x/2017/07/26/Bisnis-Iklan-Google--MILD--Quita-01-01.jpg
Obor Rakyat
http://www.oborrakyat.com/2017/07/cara-google-mendominasi-kue-iklan.html
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/
http://www.oborrakyat.com/2017/07/cara-google-mendominasi-kue-iklan.html
true
8492057078391058769
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy